Belajar Membuat Aplikasi Universal Windows Platform (UWP) Menggunakan Windows App Studio

Andri Muhayat 22 Februari 2017

Belajar Membuat Aplikasi Universal Windows Platform (UWP) Menggunakan Windows App Studio

Apakah ada di antara kalian yang pingin bikin aplikasi, khususnya Aplikasi UWP untuk Windows 10 dan windows 8 tapi gak tau caranya gimana? Atau ingin buat aplikasi tapi sama sekali masih awam soal pemrograman? Nah berikut ini saya jelaskan gambaran membuat aplikasi Universal Windows Platform (UWP) tanpa perlu repot coding. What??? Gak perlu repot coding? Gak salah denger nih? Yapp! Kamu gak salah denger, sob. Kita akan belajar membikin aplikasi Windows 10 dengan menggunakan Windows App Studio.

Windows App Studio merupakan salah satu tool yang bisa kamu gunakan untuk membuat aplikasi berbasis Windows Phone dan Windows dengan mudah. Salah satu keunggulannya ialah ya tadi itu, kita gak usah pusing pake koding. Cukup pake sejumlah tool yang udah disediain di App Studio.

Oke langsung saja simak langkah-langkahnya.

  1. Buka situs ini
  2. Login pake Akun Microsoft kamu
  3. Klik tombol Start Now! WP

Pilih Empty App W10 WP

Kasih nama Project aplikasi kamu, misalnya: “News" WP

Pilih platform dan klik Start Now!

di bawah add Section pilih Rss WP

Beri nama section dan kasih RSS-Urlnya, di sini saya menggunakan alamat RSS https://blogs.windows.com/windowsexperience/feed/, lalu klik Confirm WP

Kamu bisa lihat tampilannya (preview) di bagian kanan WP

Kamu juga bisa tambahkan Sections lainnya, misalnya bing. Caranya sama saja seperti langkah sebelumnya, beri nama **Section **dan Search Terms. Lalu klik Confirm

Kalau kamu sudah yakin sudah bagus segalanya, klik SAVE

Tampilan UI aplikasi garapanmu juga bisa kamu utak-atik loh, biar menjadi lebih menarik. Misalnya, memasang background aplikasi, warna logo, warna tema, warna AppBar, warna panel navigasi, menambahkan Tiles, dan sebagainya.

Kalau udah beres, dan kamu yakin aplikasimu udah keren banget, kamu bisa langsung Save lalu** Finish**

Nah mungkin sampai sini dulu tutorial Membuat Aplikasi Universal menggunakan AppStudio.

Terima kasih