Belajar Pemrograman Bersama Learn Code The Hard Way

Ridwan Fajar 2 Februari 2015

Belajar Pemrograman Bersama Learn Code The Hard Way

Learn Code The Hard Way merupakan sebuah website yang menaungi lima e-book gratis yang membahas Python, Ruby, SQL, Regex, dan C. website ini dikelola oleh Zed A. Shaw, sang penulis dari Learn Python The Hard Way. Learn Python The Hard Way sendiri merupakan salah satu e-book gratis yang banyak dimanfaatkan oleh para programmer Python.

Materi yang ditulis oleh Zed ini berisi berbagai contoh praktis yang dapat dengan mudah dipraktekan dan dipahami oleh para pembaca. Di buku Python tersebut, ada sekitar 53 exercise yang harus diselesaikan oleh pembaca untuk memahami Python dasar dan menengah seperti mengenal sintaks dasar, object oriented programming, pengujian otomatis, hingga membuat website. Dengan metode yang sama yang diajarkan di Learn Python The Hard Way, Zed menulis versi lain dari buku tersebut dalam bahasa Ruby.

Selain Python dan Ruby, Zed juga mencoba membuat buku lain dalam Bahasa C yang hampir memiliki metode yang sama dengan dua buku sebelumnya. Buku C yang berjudul Learn C The Hard Way yang dibuat Zed ini ditujukan untuk programmer pemula yang sangat sulit untuk memahami buku pemrograman Cyang ada. Zed menyatakan bahwa buku C yang ditulisnya ini mengajarkan pemrograman C yang modern yang bertujuan untuk mengajarkan cara menangani buffer overflow, celah keamanan, dan masalah lainnya yang juga dilakukan oleh programmer berpengalaman. Di Buku C yang ditulis Zed ini, Anda akan menjumpai dasar - dasar pemrograman menggunakan Bahasa C, mengenal manajemen memori dan pointer, mengenal proses debugging dan bulding, mengenal struktur data, membuat mesin statistik, membuat aplikasi TCP/IP, membuat URL router, dan membangun sebuah virtual machine sederhana.

Tak terhenti dengan pembahasan bahasa pemrograman saja, Zed menulis juga dua buku lainnya yang membahas SQL dan regular expression. Dua buku tersebut disusun karena Zed berharap, para programmer dapat menguasai kedua hal tersebut yang notabene harus menjadi kemampuan utama dari seorang programmer. Di bukunya Learn SQL The Hard Way, Anda akan mempelajari SQL menggunakan SQLite. Di buku SQL tersebut terdapat pembahasan tentang instalasi SQLite dan cara membuat database di SQLite, mengelola tabel di SQLite, pemodelan data, sampai optimasi database. Hanya saja buku ini belum rampung ditulis. Tapi Anda dapat membacanya hingga exercise 15.

Buku lainnya yang berjudul Learn Regex The Hard Way, Zed menulis sekitar 27 exercise yang dapat dicoba oleh pembaca. Zed menggunakan Regetron sebagai alat bantu pembelajaran, sebuah aplikasi konsol yang dapat menguji regular expression yang kita susun. Di buku Regex tersebut terdapat materi tentang mencocokkan string, mencari string, mencari dan menimpa string, hingga mengelompokkan string. Untuk saat ini Anda dapat membaca buku tersebut hingga exercise 18.

(rfs/learnpythonthehardway)