Belajar Symfony 3 - Installasi dan Routing

Fariz Yoga Syahputra 16 September 2016

Belajar Symfony 3 - Installasi dan Routing

Hallo sobat Coder PHP. Hari ini kita mau belajar Symfony, beberapa hal diantaranya yang akan kita pelajari hari ini adalah:

  1. Install Fresh Symfony dengan Composer
  2. Membuat Routing dengan Annotation
Oke, langsung aja ke pembahasan yang pertama

1. Install Fresh Symfony dengan Composer

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah, pastikan computer anda sudah terinstall composer. Jika belum sobat coder bisa liat caranya disini.

Note: jika sobat coder belum install composer, tapi menggunakan sistem operasi Ubuntu 16.04, sobat bisa langsung run:

$ sudo apt-get install composer

maka composer akan terinstall secara global

Setelah composer terinstall, kita bisa langsung install symfony fresh install dengan composer dengan run command berikut di terminal. Pastikan posisi directory anda sekarang berada di root web server anda (biasanya /var/www):

$ composer create-project symfony/framework-standard-edition belajar-symfony "3.1.*"

Note: pada tahap ini, sobat akan ditanyakan beberapa parameter, tekan enter saja untuk semua parameter yang ditanyakan, karena kita belum masuk ke tahap memakai database.

Setelah composer berhasil membuat project symfony baru, sekarang kita masuk ke directory project yang tadi kita buat, dan pastikan folder var pada directory belajar-symfony writable (atau 777)

$ cd belajar-symfony
$ sudo chmod -R 777 var
$ php bin/console server:start

Buka browser sobat, lalu masuk ke alamat localhost:8000

screenshot from 2016-09-13 13-34-38

Selamat, sobat sudah berhasil install fresh symfony framework

2. Membuat Routing dengan Annotation

Pertanyaan pertama yang muncul adalah: dari mana sih tampilan home itu berasal ? nah sobat sekarang bisa buka text editor nya buka file yang berada di src/AppBundle/Controller/DefaultController.php. di file controller tersebut ada method bernama indexAction(), method ini lah yang di eksekusi ketika sobat membuka localhost:8000

Kenapa ??? Begini penjelasan singkatnya:

  1. Request localhost:8000
  2. Symfony akan mencari method pada sebuah controller yang Route nya menuju ke URI "/"
  3. Ketika Symfony menemukan URI patternnya, maka methodnya akan dijalankan
Agak ribet ya? oke deh kita praktek aja biar lebih mudahnya. Kita akan mencoba membuat method baru yang akan menampilkan file view yang nanti kita buat.
  1. Buat file baru dengan nama hello.html.twig (karena symfony secara default menggunakan twig template engine, maka file view harus diakhiri dengan .twig
  2. Lalu isi file tersebut dengan tulisan "Hello World"
  3. Save file tersebut di app/Resources/views/
Oke, setelah berhasil membuat view, sekarang buka DefaultController.php yang tadi tambahkan script yang di highlight pada gambar dibawah ini screenshot from 2016-09-13 14-34-21

Penjelasan:

Line 22: Memulai Annotation Line 23: Menambahkan Annotation Route (ini menjelaskan bahwa jika ada request ke "/hello-world", Symfony akan meng-eksekusi helloWorldAction() Line 24: Menutup Annotation Line 25: Membuat method helloWorldAction() Line 27: Me-render tampilan hello.html.twig yang tadi kita buat di directory app/Resources/views/

Nah, sekarang coba sobat buka browser sobat dan arahkan ke http://localhost:8000/hello-world

Gimana ?? mudah kan Routing di Symfony ? Sekian pembelajarannya buat hari ini, ditunggu kritik dan sarannya di kolom komentar. Jika ada yang kurang jelas langsung saja ditanyakan ke penulisnya aja ya sob.

Salam Code