0

0

0

share


#Tutorial

Reactions0 Reactions

0 Komentar

Belajar UI Text, GUI Text, dan TextMesh pada Unity

Profile

Bayu9 Maret 2016

Ini adalah tutorial pertama yang saya buat di codepolitan, yaitu Belajar UI Text, GUI Text, dan TextMesh pada Unity.

OK, seperti yang kita ketahui bahwa Unity ini adalah salah satu Game Engine terbaik didunia yang dimana lebih dari 100.000 game developers yang menggunakannya. dengan Unity kita bisa membuat game 3D maupun 2D, bahkan bisa juga 2.5D (kalau sebutannya gak salah sih).

mungkin langsung saja kita coba membuat (belajar) tentang UI Text, GUI Text, dan TextMesh.

yang pertama kita mulai dari UI Text.

1. UI Text

UI Text pada Unity bisa kita gunakan jika unity yang kita gunakan unity 4.6 keatas. jadi untuk menggunakan UI Text diharapkan jangan menggunakan Unity versi dibawah yang itu.

Langkah-langkahnya :

  • Buka Unity nya, kemudian
  • pilih menu gameobject, dan pilih pilihan UI dibawahnya, selanjutnya
  • pilih Text
  • kemudian akan muncul Canvas yang didalamnya terdapat Text pada Window Hierarchy
  • nah, disitu kalian pilih text yang ada di hierarchy dan kemudian dibagian inspector akan muncul berbagai component yang terdapat pada Text / UI Text tersebut. nah, silahkan diedit sesuka hati dibagian text nya ^-^
  • selesai

2. GUI Text

yang kedua adalah GUIText. di GUIText ini kamu bisa Menggunakan Kemampuan Codinganmu untuk membuat Sebuah atau banyak Text yang kamu inginkan.

langkah-langkahnya :

  • jika sudah berada diaplikasi Unity, klik kanan di hierarcy
  • kemudian pilih Create Empty
  • setelah itu dibagian inspector klik Add Components dan pilih new Script
  • disitu terdapat pilihan bahasa pemrograman, javascript dan C#
  • disini kita coba pakai C#, jadi pilih C# / CSharp
  • buat namanya terserah kalian. contoh "GUIText"
  • kemudian buka script tersebut dan masukan script dibawah ini didalam class tersebut

string mytext = "CodePolitan";

 void OnGUI()
    {
        GUILayout.BeginArea(new Rect(10, 10, 200, 200));
        GUILayout.Label(mytext);
        GUILayout.EndArea();
    }

 

  • kemudian jalan Unitynya, dan taraaa apakah yang terjadi.

 

3. TextMesh

yang terakhir adalah TextMesh,

mungkin langsung aja ya.

langkah-langkahnya :

  • buat gameobjet baru dengan cara create empty seperti yang kita lakukan di GUIText barusan
  • kemudian klik Add Components
  • pilih TextMesh (jika kesusahan mencari TextMesh, tulis aja TextMesh saat mencari)
  • kemudian akan muncul komponent nya di inspector
  • nah, disitu jangan lupa pilih dulu Font yang ingin digunakan
  • edit text yang diinginkan, dan jalankan.
  • selesai

 

nah, gimana dengan yang barusan? mudah bukan?

demikian tutorial saya yang pertama. terimakasih telah membaca ^-^