Belajar Web Development Lewat Buku Karya Penulis Indonesia

Agung Setiawan 1 Juli 2016

Belajar Web Development Lewat Buku Karya Penulis Indonesia

Dunia web development adalah dunia yang tidak bisa dikatakan mudah untuk dipelajari, pun juga tidak bisa dikatakan mustahil untuk dikuasai. Asal ada niat yang dibarengi dengan usaha, belajar teknologi web yang memang menjanjikan ini adalah sebuah keasyikan tersendiri.

Belajar pengembangan aplikasi web saya rasa memang hanya membutuhkan niat dan usaha, tidak perlu gelar pendidikan sarjana pun bisa karena sumber pengetahuannya tersebar bebas di internet. Tinggal kita mau belajar atau tidak, itu.

Berbeda dengan berbagai tutorial di internet yang isinya tidak terstruktur maka buku adalah sumber pengetahuan yang sangat terstruktur yang akan lebih memudahkan kita untuk belajar karena materinya sudah disusun sedemikan rupa.

Berbicara soal buku pengembangan web berbahasa Indonesaa, sepertinya memang jarang ditemui. Akan tetapi, bukan berarti buku pengembangan web yang ditulis dalam bahasa nasional negara kita ini tidak ada. Berikut ini adalah buku-buku mengenai pengembangan web yang ditulis dalam bahasa Indonesia oleh orang Indonesia.

1. Seminggu Belajar Laravel

Buku ini membahasa salah satu framework dari bahasa PHP yang populer yaitu laravel. Melalui buku ini pembaca diajak belajar laravel melalui sebuah proyek pembuatan aplikasi perpustakaan. Dengan teknik belajar sambil mengerjakan proyek ini diharapkan pembaca akan lebih mudah untuk menguasai laravel. Buku ini berformat ebook dan bisa dibeli di sini

2.Menyelami Framework Laravel

Buku kedua ini masih membahas teknologi yang sama yaitu laravel dan ditulis oleh orang yang sama juga yaitu Mas Rahmat Awaludin.  Buku kedua ini lebih ditujukan kepada mereka yang sudah mengerti laravel dan ingin mengetahui laravel secara lebih mendalam lagi. Tidak heran, buku ini memiliki jumlah halaman sebanyak 1000 lembar!.

Buku ini bisa dibeli di sini

3. Buku Yii Framework 2

Buku ketiga masih juga membahas bahasa pemrograman PHP, memang bahasa ini merupakan bahasa yang populer di Indonesia. Berbeda dengan 2 buku sebelumnya, buku ini membahas framework Yii.

Jika kedua buku sebelumnya berformat ebook, maka buku ini berupa buku fisik, cocok bagi mereka yang tidak suka membaca buku di komputer dan justru lebih suka membaca buku dalam bentuk kertas.

Buku ini bisa dibeli di sini

4. Pendekar Ruby on Rails

Bahasa Ruby dan juga framework-nya Ruby on Rails sebenarnya adalah teknologi yang populer di negeri luar tetapi kurang begitu terdengar gaungnya di Indonesia. Hal ini bukan berarti tidak ada pengembang Ruby on Rails di Indonesia, malah justru ada sebuah ebook yang ditulis dalam bahasa Indonesia.

Buku ini membahasa sedikit dasar dari bahasa pemrograman Ruby kemudian dilanjutkan dengan pembahasana utama buku ini yaitu framework Ruby on Rails.

Buku ini bisa dibeli di sini

5. Buku AngularJs

Kesemua buku yang sudah disampaikan di atas, kesemuanya membahas mengenai pengembangan web dari sisi server atau istilahnya back-end. Kali ini, buku yang satu ini membahas mengenai AngularJs, yaitu sebuah framework yang digunakan untuk pengembangan web untuk sisi front-end.

Berbeda dari keempat buku di atas, kali ini buku ini bersifat gratis dan selain bisa dibaca secara online buku ini juga bisa di-download dalam bentuk pdf dan format lainnya.

Ebook ini bisa diperoleh secara cuma-cuma di sini

6. Dasar Pemrograman Golang

Bahasa yang dibuat oleh tim dari Google ini bisa dibilang sudah terbukti keampuhannya meskipun masih kurang populer dibandingkan yang lain semacam Java, PHP, dan C# dan terlebih-lebih di Indonesia.

Docker adalah salah satu produk yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman ini jadi tidak perlu diragukan lagi kapabilitasnya.

Ada sebuah ebook yang ditulis untuk membahas bahasa Go oleh developer Indonesia. Ebook ini bersifat gratis dan bisa diakses di sini