Bumigora Hackathon

M Husnul Wardi 30 November 2018

Bumigora Hackathon

BUMIGORA HACKATHON

Bencana alam merupakan suatu masalah yang tidak dapat diperkirakan kapan dan dimana akan terjadi, seperti yang baru-baru ini terjadi pada daerah Lombok dan Sulawesi. Prosedur penanganan bencana saat ini banyak yang tidak efektif atau bahkan salah sasaran, semua itu disebabkan oleh informasi yang terlambat masuk terlebih lagi tidak akurat.

Adapun peran teknologi dalam hal ini sangat dibutuhkan dan harapannya dapat bekerja optimal sehingga dapat membantu pihak-pihak tertentu seperti pemerintah khususnya dan relawan pada umumnya dalam melakukan evakuasi serta penyaluran bantuan di daerah terdampak.

Selain itu pemetaan juga merupakan peran dari penggunaan IT dalam penanggulangan bencana alam. Gejala alam bisa juga diketahui dari tren yang berlangsung. Pola yang terjadi dalam rentang sekian tahun. Teknologi informasi bisa membantu memetakan hal tersebut.

Koordinasi dalam penanggulangan bencana sangat diperlukan dalam penanganan dan mitigasi bencana. Ketika bencana telah terjadi sangatlah penting bagi semua pihak yang berkaitan untuk berkoordinasi. Misalnya untuk urusan SAR, polisi, tentara, tim medis dan lainnya. Oleh karena itu peran teknologi informasi sangat vital dalam hal koordinasi.

Menanggapi hal tersebut kami bagian kecil dari komunitas IT NTB menyelenggarakan sebuah kegiatan yang disebut Hackathon (Hacking + Marathon) yang dimana tujuannya adalah mengumpulkan talenta masyarakat khususnya di NTB untuk mengembangkan sebuah sistem yang dapat digunakan dalam proses penanggulangan bencana.

Informasi lengkap kunjungi http://bit.ly/hackathon-bumigora

Contact Person: M. Husnul Wardi : 0823 4191 5442 Darmawan Zulkifli : 0852 3710 4883

Pendaftaran: Rp. 60.000/tim 1 tim isi min. 2 org mak. 3 org

Present by DSC Bumigora, KBL Bumigora, SSC Bumigora serta Beda{IT}