Cara Install Laravel Installer di Ubuntu 22.04

Abd Asis 27 Agustus 2022

Cara Install Laravel Installer di Ubuntu 22.04

Halo Coders, sekarang kamu sedang belajar tentang Laravel atau sedang bekerja sebagai programmer dengan menggunakan framework Laravel? pada umumnya untuk membuat sebuah project Laravel biasanya kita menggunakan composer untuk membuat sebuah project baru.

Ternyata Laravel sendiri sudah menyediakan sebuah Installer yang mana bisa kita gunakan untuk membuat sebuah project baru, dengan Installer ini kamu bisa lebih mudah dalam membuat sebuah project, tidak hanya itu ada beberapa fitur yang menarik yang bisa kamu gunakan dalam membuat sebuah project tersebut. Jika kamu tertarik silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini

Install Laravel Installer

Pertama silahkan buka terminal pada sistem yang kamu gunakan dan silahkan ketikan perintah berikut

composer global require laravel/installer

Pada langkah diatas kamu akan memasang sebuah composer package “laravel/installer” secara global yang mana kita bisa akses dari folder apa saja setelah selesai melakukan penginstalan.

Silahkan kamu edit dan tambahkan di terminal yang kamu gunakan

export PATH="$HOME/.config/composer/vendor/bin:$PATH"

Karna penulis menggunakan zsh sebagai terminal utama, penulis edit file zsh confignya seperti gambar dibawah ini

https://i.imgur.com/1ua3TYz.png

Jika langkah-langkah diatas sudah selesai semua, kamu bisa menggunakan Laravel installer untuk membuat project baru kamu.

Langkah Membuat Project dengan Laravel Installer

Pada terminal yang kamu gunakan silahkan kamu jalankan perintah seperti berikut ini

laravel new learn-laravel

Dengan perintah diatas, kamu akan membuat sebuah project baru dengan nama projectnya learn-laravel, ini tentu terkesan seperti biasa ya, seperti membuat project pada umumnya. eiitts tunggu dulu, ada fitur yang lebih powerfull yang bisa kamu gunakan.

Kalu kamu menggunakan Composer kamu harus install Livewire atau Inertia secara manual, namun dengan Laravel installer ini kamu hanya dengan dengan command kamu bisa menginstall itu semua, caranya seperti berikut ini

laravel new learn-laravel --jet

Nah dengan perintah diatas kamu akan di tawarkan, kamu mau buat project menggunakan Inertia apa Livewire tinggal pilih sesuai dengan kebutuhannya, gambar seperti berikut ini

https://i.imgur.com/oydqvJ4.png

Catatan: Jika kamu menggunakan Inertia, secara default Laravel akan membuat project Inertia dengan Frontend VueJS, namun jika kamu menggunakan ReactJS kamu tidak perlu menggunakan params —jet supaya kamu bisa install package tambahan seperti Breeze yang sangat bagus sebagai starter kit.

Masih ada satu fitur lagi yang tidak kalah menarik nih dari Laravel Installer ini yaiitu git commit. Jika kamu bekerja dengan Git fitur ini tidak kalah bagus jika digunakan di project yang kamu buat, kenapa? karna dengan fitur ini Laravel akan membuat commit secara otomatis dari setiap file yang dibuat saat proses pembuatan project, Untuk commandnya seperti dibawah ini

laravel new learn-laravel --jet --git

Dan setelah di push ke github, kamu bisa lihat sendiri pesan commit yang di tampilkan.

Bagaimana menurut kalian? masih pakai Composer apa jadi menggunakan Laravel Installer ini?

Jika dirasa artikel ini bermanfaat buat kamu, jangan lupa ya bagikan ke teman-temanmu juga supaya mereka juga tau apa itu Laravel Installer dan cara Install nya bagaimana, sekian tulisan kali ini.

Selamat Belajar dan Happy Ngoding