Cara Membuat dan Menghapus Tabel di JSQLBeans

Ridwan Fajar 17 Juli 2016

Cara Membuat dan Menghapus Tabel di JSQLBeans

JSQLBeans adalah sebuah aplikasi client untuk relational database management system (RDBMS) MySQL dan MariaDB. JSQLBeans dikembangkan oleh seorang developer kawakan yang tinggal di Gorontalo bernama Pak Rudy Rorooh. JSQLBeans dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java dengan dipercantik oleh Java Swing. JSQLBeans dapat digunakan untuk melakukan operasi database seperti menambah database, mengubah struktur kolom, menambah data di tabel, dan sebagainya.

Kali ini kita akan mencoba untuk melakukan operasi tabel seperti membuat dan menghapus tabel, membuat kolom baru, menentukan index, dan menentukan primary key.

Membuat tabel baru

Sesudah Anda melihat halaman utama, Anda dapat mulai memilih database mana yang akan dibuatkan tabel baru. Asumsikan ada database dengan nama soccerdb di MySQL Anda. Pilih database tersebut dan Anda akan melihat halaman utama database tersebut masih kosong. Sekarang di sebelah kanan atas, ada tombol "Create Table" untuk membuat tabel baru dengan nama yang Anda tentukan.

Misalkan sekarang kita akan membuat tabel dengan nama teams, tekan tombol tersebut untuk memunculkan form membuat tabel, kemudian tekan tombol "OK" untuk membuat tabel baru yang tentunya masih kosong.

Begitu selesai dibuat, Anda akan diperlihatkan sebuah halaman yang menampilkan opsi - opsi dari tabel yang ditampilkan oleh JSQLBeans. Anda dapat mengganti nama tabel, memberikan komentar untuk tabel, mengubah store engine, mengubah collation, mengganti PACK_KEYS, dan lainnya.

Bila tidak ada yang akan Anda ubah, silahkan tekan tombol "Save Table Options".

create-drop-table-1

Membuat kolom baru

Saat pertama kali membuat tabel, Anda akan melihat sebuah field dengan nama newcolumn. Field tersebut dapat langsung Anda ganti dengan field lainnya. Pilih field tersebut kemudian tekan tombol "Edit Column". Ganti namanya menjadi id, kemudian pilih jenis field INT. Kemudian tekan tombol "Save".

Buat lagi kolom baru dengan menekan tombol "Add Column", kemudian beri nama name dengan jenis field VARCHAR dengan panjang 50. Tambahkan lagi field dengan nama country dengan jenis field VARCHAR dengan panjang 50. Dan terakhir tambah lagi field dengan nama description dengan jenis field TEXT.

Sekarang Anda dapat melihat beberapa kolom baru telah ditambahkan untuk tabel teams.

create-drop-table-3

Menentukan primary key dan index

Di JSQLBeans, Anda tidak dapat membuat langsung sebuah kolom menjadi primary key. Anda harus menentukan terlebih dahulu primary key dari field yang Anda akan pilih dengan membuat indeks terlebih dahulu. Silahkan pilih tab "Indexes" kemudian tambahkan indeks baru dengan menekan tombol "Add". Kemudian akan muncul form dengan judul "Add Index". Pilih index type "PRIMARY", kemudian beri nama indeks tersebut dengan nama "PRIMARY" dan kita gunakan BTREE untuk indeks tersebut. Jangan lupa pilih kolom yang akan kita jadikan primary, yaitu kolom id. Kemudian tekan OK. Maka indeks tersebut akan ditambahkan.

Sekarang kita buat lagi indeks baru dengan jenis KEY, dengan nama name_idx yang kita tujukan untuk kolom name. Kemudian tekan tombol "OK" untuk menambahkan indeks tersebut.

Karena primary key yang kita buat harus auto increment, Anda dapat mengubah atribut field id untuk mengaktifkan auto increment. Pilih kolom id, kemudian tekan tombol "Edit Column", lalu centang "Auto Increment" pada tab Attributs. Kemudian tekan "OK", dan cobalah membuat sebuah baris baru pada tabel tersebut.

create-drop-table-7

Melihat sintaks DDL tabel

Mungkin Anda pun ingin mendapatkan sintaks DDL secara cepat untuk tabel yang telah Anda buat, mungkin Anda membutuhkannya untuk digunakan dalam laporan proyek Anda atau tugas akhir Anda.

Anda dapat memilih tabel yang telah Anda buat atau tabel lain, kemudian pilih tab "DDL" di menu tabel. Maka Anda akan melihat sintaks DDL dari tabel yang Anda pilih.

create-drop-table-11

Menghapus tabel

Untuk menghapus tabel, silahkan Anda pilih tabel yang ingin dihapus ketika berada di halaman database yang sedang Anda pilih. Kemudian tekan tombol "Drop Table" untuk menghapus tabel yang Anda pilih. create-drop-table-12

Penutup

Setelah mencoba terhubung ke MySQL dan membuat database baru dengan JSQLBeans, kini Anda telah berhasil mencoba membuat sebuah tabel dan kolom - kolomnya dengan menggunakan JSQLBeans. Anda dapat mulai mengeksplorasi bagaimana mengelola sebuah tabel dengan menggunakan JSQLBeans untuk mempermudah pekerjaan Anda.

(ridwanfs/jsqlbeans)