Cara Membuat Database MySQL di JSQLBeans

Ridwan Fajar 16 Juli 2016

Cara Membuat Database MySQL di JSQLBeans

JSQLBeans adalah sebuah aplikasi client untuk relational database management system (RDBMS) MySQL dan MariaDB. JSQLBeans dikembangkan oleh seorang developer kawakan yang tinggal di Gorontalo bernama Pak Rudy Rorooh. JSQLBeans dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java dengan dipercantik oleh Java Swing. JSQLBeans dapat digunakan untuk melakukan operasi database seperti menambah database, mengubah struktur kolom, menambah data di tabel, dan sebagainya.

Kali ini kita akan mencoba untuk melakukan operasi database seperti membuat dan menghapus database.

Membuat database baru

Setelah Anda membuka JSQLBeans, Anda akan melihat halaman utama yang menampilkan daftar database yang telah ada di MySQL yang Anda akses. Di sebelah kanan atas, terdapat sebuah tombol dengan label "Create Database". Klik tombol tersebut untuk memunculkan form yang akan membantu Anda untuk membuat database baru.

Ketika form tersebut muncul, Anda akan diminta untuk mengisi nama database yang Anda inginkan, serta collation yang dibutuhkan untuk database tersebut. Setelah yakin dengan nama yang akan digunakan, tekan tombol OK untuk membuat database baru dengan nama tersebut.

Hasilnya, database tersebut akan muncul di daftar database yang ada di halaman utama dan sidebar kiri.

operate-database-4

Mengubah database yang telah ada sebelumnya

Untuk mengubah database, langkahnya cukup mudah. Pilih database yang akan diubah, kemudian ganti nama database yang akan diubah. Anda juga bisa mengganti collation untuk database tersebut. operate-database-2

Menghapus database

Sama halnya dengan mengubah database, silahkan pilih database yang akan diubah, kemudian pastikan bahwa Anda sudah yakin untuk menghapus database tersebut. Pastikan tidak ada kendala yang akan terjadi karena Anda menghapus database tersebut. Tentunya bila Anda sudah mendapat izin dari atasan Anda. operate-database-3

Penutup

Selamat, Anda telah berhasil mengetahui cara membuat database di dalam MySQL dengan menggunakan JSQLBeans. Anda pun sudah mengetahui cara untuk mengubah collation dari database yang telah Anda buat sebelumnya.

(rfs/jsqlbeans)