Cara Menjalankan SQL di JSQLBeans

Ridwan Fajar 19 Juli 2016

Cara Menjalankan SQL di JSQLBeans

Setelah berhasil membuat tabel di JSQLBeans, sekarang saatnya kita melakukan sebuah hal yang sangat penting dalam mengelola tabel di MySQL. Yaitu melakukan query untuk menampilkan data yang diinginkan.

Sebelum kita mencoba beberapa query dengan JSQLBeans, kita harus mengisi tabelnya dulu agar query dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Tentu saja kita mengisi tabel berikut dengan menggunakan JSQLBeans.

Menambahkan baris baru di tabel

Untuk menambahkan baris baru pada suatu tabel di JSQLBeans cukup mudah. Anda tinggal memilih tabel yang akan diisi baris, kemudian tekan tombol "Insert" untuk menampilkan form yang sudah disesuaikan dengan struktur tabel yang sedang Anda pilih.

Misal dalam tabel teams ini, Anda akan melihat sebuah form dengan field id, name, country, dan description. Setelah Anda menekan tombol "OK", tekan tombol "Reload" untuk menampilkan baris terbaru yang baru saja Anda isi sebelumnya.

sql-query-1

Mengubah baris di tabel

untuk mengubah baris di tabel, cari dan pilih baris yang ingin Anda ubah, kemudian tekan tombol "Change" untuk menampilkan form yang sudah diisi dengan data dari baris yang Anda pilih. Kemudian tekan "OK" untuk menyimpannya kembali. sql-query-2

Menghapus baris di tabel

Sama halnya dengan mengubah baris di tabel, Anda harus memilih terlebih dahulu baris mana yang akan dihapus, kemudian tekan tombol "Delete" yang akan menampilkan sebuah modal yang menanyai Anda apakah baris ini akan dihapus atau tidak. sql-query-3

Melakukan query di JSQLBeans

Sebelum melakukan query, silahkan untuk mengisi tabel tersebut dengan  seperti berikut:
 sql-query-4
Kemudian cobalah query - query berikut di tab "SQL Query". Jangan lupa untuk menekan tombol "Run Query" untuk mengeksekusi query yang telah Anda tulis.
select * from teams;
select * from teams where country='England';
select * from teams where country='Indonesia';
select * from teams where country!='Indonesia';
select * from teams where country in ('England', 'Germany', 'France');
select country, count(country) as 'count' from teams group by country;
select * from teams where description like '%sebut%';

sql-query-5 sql-query-11 sql-query-10 sql-query-9 sql-query-8 sql-query-7 sql-query-6

Penutup

Menarik bukan? Anda telah mencoba beberapa sintaks SQL dan berhasil menampilkan data yang diinginkan sesuai dengan query tersebut. Sekarang Anda dapat mulai mencoba berbagai macam sintaks query di JSQLBeans, yang biasa dieksekusi melalui console, agar lebih mudah dioperasikan dan disimpan.

(ridwanfs/jsqlbeans)