Cara Menyelesaikan Tantangan Re-Cloud Challenges Indonesia 2021

Novan Junaedi 22 Januari 2021

Cara Menyelesaikan Tantangan Re-Cloud Challenges Indonesia 2021

Hi coders!

Sudah berapa banyak nih website yang kamu submit? Wah, banyak ya pastinya. Tapi perlu diingat, bahwa untuk menyelesaikan tantangan di Re-Cloud Challenges Indonesia ini tidak hanya sebatas submit website saja. Ada beberapa 'misi' yang mesti kamu selesaikan.

Sudah tahu langkah-langkah menyelesaikan tantangannya atau malah masih kebingungan? Tenang, untuk yang masih bingung, Penulis akan membahas secara tuntas pada artikel ini. Oke, langsung saja kita bahas.

Sesuai namanya, Re-Cloud Challenges Indonesia, itu berarti kita harus menyelesaikan beberapa tantangan yang diberikan untuk dapat memenangkan kompetisi. Ya, semacam Benteng Takeshi lag ya. Tantangan-tantangan yang harus kita selesaikan diantaranya:

Tantangan Ke-1

Buat Twibbonize di [link] dari fotomu, dan upload di media sosial berikut Instagram/Facebook/Twitter/LinkedIn. Tag akun IG: @re_cloud.id Twitter: @re_cloudid dan @codepolitan. Dapatkan 100 poin dengan tantangan ini.

Tantangan Ke-2

Buat akun di alibabacloud.com dan aktifkan Cloud Server ECS Alibaba Cloud. Lengkapi data yang diminta dan kartu kredit atau virtual account untuk aktifkan Cloud Server ECS Alibaba Cloud secara Gratis! Bila kamu mahasiswa, kamu bisa mengaktifkan Cloud Server dengan mengisi data diri mu lengkap sebagai mahasiswa.

Daftar di Re-Cloud Challenges Indonesia, dan isikan semua data dengan lengkap. Disini kamu akan mendapatkan Beasiswa berupa voucher online course premium di Alibaba Cloud Edu dan Beasiswa belajar di Course Codepolitan.

Panduan mendaftar AlibabaCloud untuk profesional : https://youtu.be/CeqCO1P-Ts8 Panduan mendaftar AlibabaCloud untuk mahasiswa : https://youtu.be/SEsAJzWDeR0

Tantangan Ke-3

Ikuti rangkaian webinar atau workshop Re-Cloud Challenges Indonesia secara live untuk dapat 100 poin

  • 27 Jan 2021 : Workshop: Explaining How to develop a website and optimize in Alibaba Cloud
  • 6 Feb 2021 : Webinar: How Alibaba Cloud compete with competitors for Indonesia
  • 8 Feb 2021 : Workshop: How To Attract More Users to our websites

Tantangan Ke-4

Upload dan hosting website kamu di Cloud Server ECS Alibaba Cloud milikmu, buat postingan di media sosial Instagram pribadi kamu berupa screenshot website disertai deskripsi mengenai websitemu, dan jangan lupa tag @re_cloud.id @codepolitan dan hashtag #Re_CloudChallengesIndonesia.

Lalu daftarkan di tab menu “Website Submission” dan lengkapi datanya di dashboard Re-Cloud Challenges dan pastikan terpasang domain untuk website nya. Kamu bisa gunakan domain yang sudah kamu punya dan di pointing ke ECS mu, atau beli domain .cyou seharga $0.01 disini. Khusus buat akun mahasiswa, kamu bisa submit hanya dengan IP Address Public ECS kamu saja.

Misi utama kamu adalah mendapatkan jumlah “Like/Love” sebanyak mungkin, hingga kamu bisa mendapatkan maksimal 400 poin. Kamu bisa submit website karya pribadimu sebanyak mungkin untuk memperbesar peluang memenangkan kompetisi.

Tantangan Ke-5

Ikuti kelas Online di AlibabaCloud Edu dan selesaikan kuisnya sampai lulus untuk mendapatkan sertifikasi dari Alibaba Cloud. Voucher yang kamu dapatkan saat pendaftaran bisa kamu gunakan untuk belajar secara gratis di kelas online yang telah ditentukan. Berikut adalah kelas online yang bisa kamu tuntaskan:

Minimal kamu menyelesaikan 1 kelas online dan tersertifikasi untuk mendapatkan 1000 poin dan submit di tab menu “Certification Submission” di dashboard Re-Cloud Challenges.

Tantangan Ke-6

Terus sempurnakan website yang kamu submit tidak hanya secara tampilan, tapi juga konten di dalamnya sampai batas waktu submission ditutup. Semakin unik dan bermanfaat website yang kamu miliki maka akan semakin tinggi penilaian poin dari Juri yang akan diberikan. Total poin yang bisa kamu dapatkan di penjurian adalah 2400 poin.


Gimana, gampang kan? Pastinya dong. Yuk buruan submit website terbaikmu sebanyak-banyaknya agar kesempatan menjadi pemenang dan mendapatkan total hadiah ratusan juta rupiah ada dalam genggamanmu!

Untuk informasi lengkap mengenai acara ini bisa langsung mengunjungi website resmi Re-Cloud di re-cloud.id

Pantengin terus Sosial Media (Sosmed) Codepolitan untuk info seputar Re-Cloud Challenges Indonesia.

Follow @codepolitan dan @re_cloud.id
#Re_CloudChallengesIndonesia