Cerita Taylor Otwell Seputar Laravel 5.1

Ridwan Fajar 14 Juni 2015

Cerita Taylor Otwell Seputar Laravel 5.1

Merujuk ke Laravel News, Taylor Otwell memberikan cerita kenapa Laravel 5.1 ini dirilis dalam versi LTS. Laravel News berhasil mewawancarainya. Berikut adalah isi wawancara antara Taylor Otwell dan Laravel News seputar Laravel 5.1:

Laravel News: Salah satu perubahan terbesar di 5.1 adalah versi ini akan menjadi versi pertama LTS dari laravel. Dapatkan Anda menceritakanya?

Taylor Otwell, Ini adalah rilis LTS pertama untuk Laravel. Artinya Laravel 5.1 akan menerima 2 tahun untuk perbaikan bug dan 3 tahun untuk perbaikan masalah keamanan. RIlis LTS akan dirilis setiap 2 tahun, yang artinya rilis LTS berikutnya akan hadir di Mei, 2017. Laravel yang dirilis dengan versi LTS akan menyediakan kenyamanan terhadap pengembangan toko atau klien yang membutuhkan jaminan perbaikan keamanan yang berkelanjutan selama beberapa tahun kedepan.

Laravel News: Anda sudah mencurahkan waktu yang begitu banyak untuk menulis ulang seluruh dokumentasi. Apakah cara ini akan meningkatkan penggunaan Laravel?

Taylor Otwell, Dokumentasi yang baik adalah salah satu aspek pentin dari semua proyek open source. Saya memberikan saran kepada project maintainer untuk tidak merilis apapun yang tidak terdokumentasi dengan baik. Saya akan menangguhkan semua rilis Laravel daripada harus merilis sesuatu dengan dokumentasi yang buruk. Saya kira dokumentasi yang baik akan membawa adopsi Laravel menjadi lebih baik. Tentu saja, saya punya banyak cara dan akan mengumumkannya segera. Terus berjuang untuk membuat Laravel menjadi lebih menyenangkan untuk dipelajari adalah salah satu passion terbesar saya.

Laravel News: Dari semua fitur yang ada di Laravel 5.1, fitur apakah yang Anda banggakan dan yang menurut Anda paling penting?

Taylor Otwell, Jujur saja, saya kira dokumentasi adalah "fitur" dari Laravel 5.1 yang paling saya banggakan. Dokumentasi yang sekarang menjadi lebih baik. Untuk fitur teknikal, sejauh ini saya sangat suka dengan event broadcasting. Fitur tersebut tidak terlalu banyak menggunakan kode untuk diimplementasikan, tapi sangat nyaman untuk digunakan dan membuat kita semakin mudah untuk memulai pembangunan aplikasi real-time. Middleware parameter adalah tambahan paling keren lainnya di Laravel 5.1, dan diimplementasikan oleh anggota komunitas. Lagi, fitur tersebut tidak memerlukan kode yang banyak untuk diimplementasikan tapi akan membuat banyak pengguna menjadi lebih senang.

Laravel 5.1 juga mengenalkan PSR-2. Banyak orang yang mengeluh harusnya fitur ini untuk nanti saja. Bagaimana menurut Anda?

Taylor Otwell, sangat sulit sekali untuk mengenalkan coding style baru di proyek yang terdapat aktivitas kontribusi yang banyak. Sebelum saya kerja full-time untuk Laravel, sudah menjadi rutinitas kalau ada ratusan open pull request. Mengubah seluruh proyek menjadi PSR-2 pada saat itu sama saja dengan melayani setiap open pull request. Sekarang saya bekerja full-time untuk Laravel, ada sekitar 20 - 30 open pull request yang datang ke Laravel Github Organization, dan menjadi lebih mudah dikelola dengan menggunakan PSR-2. Saya juga sangat senang karena dapat mengugnakan Sublime Text untuk membuat perintah yang dapat memformat semua kode saya.

Laravel News: Apakah Anda masih pada tujuan yang sama ketika pertama kali menciptakan Laravel?

Taylor Otwell, dari semua rilis Laravel, saya pikir Laravel 5.1 adalah favoritku. Versi ini sesuai jalur dan meningkatkan yang dikenalkan di Laravel 5.0. Saya berpikir penamaan struktur folder harus lebih "human friendly" misalnya mengganti nama Commands ke Jobs, dan menjauhkan direktori Handlers yang rumit menjadi sedeharna, menjadi direktori Listeners untuk setiap event listeners. Event Broadcasting adalah salah satu fitur klasik Laravel. Untuk menyiarkan event Anda ke Pusher atau Redis, dengan mudah ANda dapat menambahkan interface ShouldBroadcast ke event class Anda. Saya sangat suka dengan fitur kecil namun sederhana dan menawan. Middleware parameter ditingkatkan dari yang aslinya di versi 5.0 dan membuatnya menjadi lebih kuat seperti Laravel 4.x. route filter.

Laravel News: Saya yakin dengan produk - produk Laravel mengambil banyak waktu Anda, tapi sekarang 5.1 telah rilis, apa rencana Anda untuk sisa tahun ini?

Taylor Otwell, rencana terdekat saya adalah meningkatkan beberapa fitur Forge. Saya juga ingin menambahkan dukungan AWS sebagaimana peningkatan environment variable management seperti Envoyers. Saya juga bekerja pada beberapa hal untuk membuat Laravel menjadi lebih mudah untuk dipelajari.

Itulah beberapa kabar terbaru seputar Laravel 5.1 langsung dari Empunya. Anda dapat melihat fitur Laravel 5.1 di catatan rilis. Untuk meng-upgrade ke Laravel 5.1, Anda dapat mengikuti caranya disini.

(rfs/laravel-news)