Cerita Tentang Nama CSharp

Soeleman 27 April 2017

Cerita Tentang Nama CSharp

Kalau melihat tanda # pada sosial media dan mengingat ada bahasa yang menggunakan tanda itu. Tanda # memiliki banyak arti, jadi kadang membingungkan.

Contohnya, Kalau di-Twitter tanda ini dikenal dengan nama HashTag. Sebelum itu tanda ini juga dikenal sebagai pound sign, yang digunakan sebagai ukuran berat (bukan mata uang Inggris walau namanya Pound Sterling), sebagai tanda untuk nomor (#1 sebagai nomor 1) atau untuk notasi musik, Sharp. Tanda itu sendiri berasal dari latin (libra pondo) yang artinya pound of weight atau penanda berat dan nama resmi dari tanda ini adalah Octothorpe.

Ini jadi menarik ketika ada orang baru dalam programming berkenalan dengan C#. Untuk orang yang berbahasa Inggris atau di Eropa mereka kenal itu sebagai tanda yang dibahas diatas. Bisa jadi menyebutnya C Pound.

Pada wawancara yang tertajuk A-Z of Programming Languages: C#. Kita akan mengetahui secara langsung sebagaimana dituturkan oleh Andres Hejlsberg tentang nama dari C# ini.

CIO: Why was the language originally named Cool, and what promoted the change to C#?

Andres Hejlsberg: The code name was Cool, which stood for ‘C like Object Oriented Language’. We kind of liked that name: all of our files were called .cool and that was kind of cool! We looked seriously at keeping the name for the final product but it was just not feasible from a trademark perspective, as there were way too many cool things out there.

So the naming committee had to get to work and we sort of liked the notion of having an inherent reference to C in there, and a little word play on C++, as you can sort of view the sharp sign as four pluses, so it’s C++++. And the musical aspect was interesting too. So C# it was, and I’ve actually been really happy with that name. It’s served us well.

Menurut Andres Hejlsberg (C# principal designer dan lead architect), awalnya projek ini memiliki code name COOL. Kepanjangan dari C like Object Oriented Language. Dan akan menggunakan ektensi .cool . Tentu itu tidak jadi nama yang dipakai pada akhirnya. Ada Masalah Trademark dan nama itu terlalu umum.

Pencarian nama kembali dilakukan. Karena bahasa ini merupakan turunan dari C dan juga boleh dibilang iterasi dari C++. Maka dipilih C++++, kemudian disingkat dengan menggunakan simbol Sharp menjadi C#. Menariknya Sharp menjadi sisonim dengan apapun yang berhubungan dengan .NET seperti F#, A#(Ada), Eiffel#, GTK#, Cocoa# dan lainnya.

Ilustrasi dari nama itu lebih mudah bila melihat gambar dibawah.

alt text

Awal-awal diperkenalkan C# juga ada maskotnya. Maskotnya dikenal dengan nama Andy (singkatan dari Andres Hejlsberg). Sering waktu maskot itu tidak dipakai lagi (resminya 29 januari 2004) karena C# sudah mencukupi sebagai repesentative.

alt text

Referensi