Challenge Edukasi untuk Indonesia

Kresna Galuh 28 April 2016

Challenge Edukasi untuk Indonesia

Bulan Mei adalah bulan dimana kita akan memperingati Hari Pendidikan Nasional. Hari yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara setiap tanggal 2 Mei. Beliau adalah tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa.

Di sisi lain Indonesia diprediksi akan menjadi pasar smartphone terbesar nomor 4 di dunia pada tahun 2018. Challenge diharapkan dapat melahirkan aplikasi baru yang menyasar kebutuhan edukasi anak-anak dengan memanfaatkan momen bulan Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional di Indonesia.

Kriteria Utama

  • Produk aplikasi yang dibuat harus memiliki tujuan untuk untuk mengedukasi.
  • Pasar yang menjadi fokus adalah pelajar di Indonesia (TK, SD, SMP, SMA, dan Mahasiswa)
  • Aplikasi harus berbasis Android menggunakan Android NDK dan mendukung Intel x86.
  • Aplikasi harus sudah lolos uji perangkat Intel dengan tools berikut.
  • Developer wajib mencantumkan screenshot lolos uji di perangkat intel dengan tools berikut, yang disertakan berupa link di bagian comments pada saat submit aplikasi.
  • Aplikasi yang disubmit adalah aplikasi yang belum pernah menang di challenge Intel manapun.

Submission

  • Developer dapat membuat aplikasi berbasis Android.
  • Developer menceritakan mengapa produk ini dapat membantu proses edukasi di Indonesia.
  • Developer dapat bekerja sama dalam tim dan hasil poin yang dimenangkan dalam Challenge ini dapat dibagikan kepada > 1 Developer yang ditunjuk oleh pemenang Challenge.

Penjurian

  • Produk aplikasi atau game harus sudah publish di Store masing-masing.
  • Keputusan juri adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.
  • Juri terdiri dari tim Intel Indonesia dan Dicoding Indonesia.

Kriteria Penilaian

  • Kualitas (komponen UX, UI, dan sound effect).
  • Orisinalitas ide (harus ada izin bila menggunakan asset pihak lain).
  • Market-ability (rating adalah nilai plus).

Sumber Daya Pengembangan

Panduan Integrasi Intel NDK

Hadiah

  • 3 aplikasi atau game terbaik masing-masing akan mendapatkan 5,000 XP dicoding.
  • 3 aplikasi atau game terbaik akan dipromosikan oleh Intel Indonesia dan Codepolitan.

Fasilitas Pendukung

Seluruh follower Challenge dapat menggunakan fasilitas Dicoding Space, Jalan Batik Kumeli 50 Bandung.

 

Untuk mengikuti challenge edukasi ini silahkan kunjungi laman berikut: https://www.dicoding.com/challenges/82?refs=15331dfb84