DeepMind, Meng-Open Source-kan Library Sonnet Untuk Mempermudah Pembuatan Neural Network

Hadyan Palupi 10 April 2017

DeepMind, Meng-Open Source-kan Library Sonnet Untuk Mempermudah Pembuatan Neural Network

DeepMint telah melakukan keajaiban dalam dunia open source. Tahun lalu, mereka meng-open source-kan platform pelatihan AI mereka yang seperti game yang disebut DeepMind Lab.

Saat ini, mereka telah meng-open source-kan library mereka yang dinamakan Sonnet. Sonnet ini di desain untuk mempermudah dalam membangun neural network menggunakan TensorFlow. Bagaimanapun hal ini tidak menggantikan TensorFlow.

Sonnet

Baca juga: TensorFlow, Pustaka Machine Learning Canggih Milik Google Kini Open Source

"Sonnet menggunakan pendekatan orientasi obyek", kata DeepMint dalam posting blog mereka. Library ini membuat pembuatan modul menjadi lebih mudah. Modul merupakan bagian-bagian dari tugas-tugas kecil yang mana jika digabungkan akan membentuk neural network.

Modul yang disebut merupakan beberapa input tensor yang ditambahkan dengan ops untuk gambarnya dan mengembalikan outputnya ke dalam Tensor. Penambahan transparansi dalam berbagai variabel juga dilakukan secara otomatis menggunakan kembali variabel pada panggilan berikutnya dengan modul yang sama.

Perubahan ini telah dibuat dalam TensorFlow untuk mempertimbangkan model sebagai hirarki, hal ini memungkinkan berganti modul di antara modul yang digunakan agar lebih mudah saat bereksperimen, tanpa melakukan perubahaan yang membosankan.

Baca juga: Keluarga Petani Mentimun Asal Jepang Ini Menggunakan Deep Learning dan TensorFlow

Deepmind memprediksikan kedepannya Sonnet akan digunakan dalam berbagai komunitas sebagai pendukung penelitian. Dan juga memungkinkan mudahnya berbagi model lain yang telah diciptakan oleh DeepMind melalui komunitas.

Sonnet saat sudah tersedia di Github. DeepMint juga sudah merilis paper yang memberikan versi gambaran awal dari Sonnet. Juga, mereka telah mempersiapkan halaman web baru yang akan digunakan sebagai showcase project open source mereka saat ini dan yang akan datang. Baru-baru ini Google juga mengumumkan portal online yang mirip dengan mereka yaitu projek-projek open source mereka.

Berikan thanks-mu jika merasa info ini bermanfaat. Thanks :D

Sumber : DeepMind Open Sources Sonnet Library To Make It Easier To Create Complex Neural Networks