Diperpanjang! Ayo Ikuti Ajang Kompetisi PolarDB Global Hackathon 2023 : Raih Ratusan Juta Rupiah!

Goo 10 Maret 2023

Diperpanjang! Ayo Ikuti Ajang Kompetisi PolarDB Global Hackathon 2023 : Raih Ratusan Juta Rupiah!

Hai Coders, apakah kalian sudah mendengar kabar tentang ajang kompetisi PolarDB Global Hackathon 2023 yang berhadiah puluhan ribu dollar?. Jika sudah, apakah kalian sudah mendaftar, mengirimkan submisi dan bersiap untuk menjadi yang terbaik?. Dan jika belum, masih tersisa sedikit waktu nih coders untuk bergabung dalam kompetisi. Nah, jika kalian sudah bergabung atau masih ragu untuk bergabung, kali ini kita akan membahas mengenai kompetisi ini secara lebih mendetail sehingga kalian bisa mendapat gambaran jelas tentang bagaimana event ini berjalan.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa ajang kompetisi terbesar di awal tahun ini diselenggarakan oleh AlibabaCloud melalui PolarDB dengan mengusung format PolarDB Hackathon Global yang mana siapapun diseluruh dunia dapat bergabung dalam kompetisi inovasi cloud ini. Total hadiah yang ditawarkan senilai $30.000 atau dalam kurs rupiah berkisar sekitar 455 juta. Sangat menarik bukan?. Nah, langsung saja mari kita bahas.

Apa itu PolarDB dan Hackathon?

PolarDB adalah layanan database relasional berbasis cloud-native generasi terbaru yang dikembangkan oleh AlibabaCloud. PolarDB sepenuhnya kompatibel dengan MySQL, PostgreSQL, dan Oracle. Menyediakan kinerja, ketersediaan yang sangat tinggi dan mudah digunakan. Sementara Hackathon adalah sebuah kompetisi untuk memecahkan suatu masalah dengan waktu yang telah ditentukan dan dilaksanakan baik secara individu maupun berkelompok.

Apa itu PolarDB Global Hackathon?

PolarDB Global Hackathon adalah sebuah ajang kompetisi inovasi cloud bertaraf internasional yang diadakan untuk mendorong pengembang mengeksplorasi inovasi database cloud native. Ajang kompetisi ini diharapkan menginspirasi pengembang dan perusahaan untuk menggunakan PolarDB dalam memberdayakan atau membangun proyek-proyek inovatif. Pendaftaran kompetisi ini telah dibuka sejak 30 Desember 2022. Sementara itu, pengiriman submisi ini mulai dibuka dari tanggal 10 Januari 2023 dan ditutup pada 14 Maret 2023.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam kompetisi ini adalah:

  1. Peserta telah mendaftar akun AlibabaCloud.
  2. Bagi peserta yang masih berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa, silahkan untuk melengkapi student verification process untuk dapat melewati bagian verifikasi pembayaran.
  3. Mendaftar (Sign-Up) dalam kompetisi Hackathon melalui Tianchi.
  4. Peserta dapat bersaing baik secara individu maupun dalam tim (maks. 5 anggota).
  5. Anggota tim tidak dapat diubah setelah batas waktu penggabungan tim.
  6. Sebelum registrasi dan mengirimkan solusi, pastikan untuk melengkapi profil terlebih dahulu.
  7. Pengiriman submisi dimulai dari 10 Januari 2023 hingga 14 Maret 2023, (UTC+8) 06.00 p.m. (jika ragu dengan perbedaan waktu, sebaiknya kirimkan submisi H-1 sebelum kompetisi ditutup).
  8. Setiap tim maupun individu dapat mengirimkan proyek beberapa kali, versi terakhir atau terbaru akan dianggap sebagai submisi valid atau yang akan dijadikan penilaian akhir.
  9. Pengumuman hasil kompetisi ini akan diumumkan pada Akhir Maret 2023 (tanggal tidak disebutkan), jadi terus pantau akun sosial media AlibabaCloud maupun Codepolitan untuk informasi selanjutnya.
  10. Silahkan mengunjungi laman PolarDB Hackathon ID untuk arahan lebih lanjut dan kesempatan mendapatkan hadiah-hadiah menarik.

Tema apa yang diangkat pada PolarDB Hackathon Global?

Kompetisi ini merupakan Hackathon dengan tema terbuka yang dapat diikuti oleh seluruh pengembang global. Peserta dapat membangun aplikasi, website, program, tools atau dashboard data yang berfungsi dengan nilai inovatif di bidang atau industri apapun. Peserta diharuskan menggunakan PolarDB for MySQL atau PolarDB for PostgreSQL dalam membangun proyek.

Berikut contoh tema yang dapat dipilih untuk diikutsertakan dalam kompetisi ini:

a. Sustainable Development

  • Aplikasi Green Energy untuk penghematan energi.
  • Sistem pertanian cerdas untuk menghemat sumber daya dan meningkatkan kuantitas serta kualitas makanan.

b. Gaming dan Web3

  • Metaverse
  • Sports Game berdasarkan lokasi
  • Membangun server global game

c. FinTech (Financial Technology)

  • Semua hal yang berhubungan dengan keuangan dan jual beli (trading).

d. E-commerce dan Logistics

  • Website resmi untuk sebuah brand atau yang berhubungan dengan ruang lingkup e-commerce dan logistik (seperti flash sale, perilisan produk baru dan live streaming shopping)

Bagaimana Persyaratan Submisi dan Kriteria Penilaian?

Persyaratan Submisi:

  • Dalam bentuk PPT

PPT digunakan untuk membagikan ide dan desain proyek, menjelaskan bagaimana penggunaan PolarDB dalam proyek Anda dan menampilkan sebuah demo dari proyek tersebut. Silahkan untuk memeriksa template slide yang telah disediakan oleh PolarDB Global Hackathon. Template Slide

  • Video Presentasi

Bersifat opsional tetapi sangat direkomendasikan oleh para juri untuk dapat lebih memahami proyek Anda.

  • File Zip

File Zip berisi source code dan contoh aplikasi yang sangat direkomendasikan. Dimohon untuk menyertakan README agar para juri dapat menjalankan aplikasi.

Kriteria Penilaian:

  1. Implementasi Teknis: 40%
  • Seberapa baik aplikasi dieksekusi oleh pengembang dan seberapa baik PolarDB dieksekusi dalam submisi.
  • Menggunakan fitur lanjutan PolarDB sangat disarankan. Silakan baca panduan Hackathon untuk mempelajari lebih lanjut tentang fitur-fiturnya.
  1. Nilai Komersial atau Sosial: 30%
  • Submisi tersebut layak secara komersial, atau memiliki nilai sosial; rencana proyek telah selesai dan memiliki tujuan yang jelas.
  • Submisi bersifat inovatif, berbeda dari tema dan solusi industri yang dikembangkan dengan baik, dan mengungguli produk yang ada.
  • Nilai dan inovasi dari submisi ditunjukkan dengan jelas.
  1. Inovasi dan Kreativitas: 20%
  • Orisinalitas dan kreativitas proyek.
  1. Penggunaan produk Alibaba Cloud: 10%
  • Satu atau beberapa produk AlibabaCloud digunakan oleh akun Anda dan digunakan dalam solusi Anda, termasuk untuk mode pelatihan atau membangun demo kerja Anda.

BONUS : Upload video presentasi ke YouTube atau bagikan proyek ke GitHub untuk mendapatkan 5 tanda bonus tambahan. Sertakan link Youtube atau Github pada slide submisi jika Anda telah menguploadnya.

Hadiah Bagi Para Pemenang?

Rincian hadiahnya :

Hadiah Utama

  • Juara 1 untuk 1 team= $10,000 Cash Prize (Pre-Tax), Sertifikat Pemenang dan Merchandise Eksklusif.
  • Juara 2 untuk 2 team = $5,000 Cash Prize (Pre-Tax), Sertifikat Pemenang dan Merchandise Eksklusif.
  • Juara 3 untuk 3 team = $2,000 Cash Prize (Pre-Tax), Sertifikat Pemenang dan Merchandise Eksklusif.
  • Innovation Award untuk 8 Team = $500 Cash Prize (Pre-Tax), Sertifikat Pemenang dan Merchandise Eksklusif.

Hadiah Tambahan

  • 100 Tumbler dari Codepolitan untuk 100 orang pertama dengan submit dan submisi valid tercepat.
  • Lucky DoorPrize dari Codepolitan untuk 2 Team = Xiaomi Redmi Pad (6/128GB) dan 3 buah Headphone Anker Soundcore Life 2 Neo

Informasi Lengkap dan Pendaftaran : https://polardbhackathon.id/ Group WhatsApp : https://chat.whatsapp.com/LJKPGuzxPvPHgVBQSHZI8E

Demikian Informasi mengenai PolarDB Global Hackathon, ayo daftar segera!