Dukungan Untuk Seri Ruby 2.2 Telah Berakhir

Takagi Fujimaru 25 Juni 2018

Dukungan Untuk Seri Ruby 2.2 Telah Berakhir

Setelah Merilis Ruby 2.2.7 pada tanggal 28 Maret 2017, dukungan untuk seri Ruby 2.2 berada di fase security maintenance. Hari ini, setelah satu tahun, fase dukungan ini juga telah berakhir. Pada tanggal 31 Maret 2018 lalu, semua dukungan untuk Ruby 2.2 telah diputus. Bug dan security fixes untuk versi Ruby yang lebih baru tidak akan di backported ke 2.2 dan tidak akan ada patch baru lagi untuk 2.2. Developer disarankan untuk meng-upgrade ke versi 2.5 atau 2.4 secepat mungkin.

Versi Ruby yang Masih Aktif Dikembangkan

Ruby 2.5

Saat ini masih dalam fase normal maintenance sebagai versi publik terkini. Bug fixes di versi ini akan di backport (agar bekerja di versi ini jika ditemukan di versi yang lebih baru) saat memungkinkan. Lalu, jika ada masalah keamanan, tim pengembang Ruby akan langsung berusaha menyelesaikannya.

Ruby 2.4

Saat ini masih dalam fase normal maintenance. Memiliki fasilitas yang sama dengan Ruby 2.5.

Ruby 2.3

Saat ini dalam fase security maintenance. Semua bug fixes tidak akan di backport ke versi 2.3 kecuali masalah keamanan. Jika terdapat masalah keamanan yang kritis maka tim pengembang Ruby akan bekerja keras untuk menyelesaikannya. Dukungan untuk seri 2.3 direncanakan akan berkahir pada bulan maret 2019.

Sumber: ruby-lang.com

Gambar sampul: codecondo.com