SMK Tangkas Teknologi : Lokakarya Bandung

Hadyan Palupi 10 Januari 2017

SMK Tangkas Teknologi : Lokakarya Bandung

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan SDM berkompeten pada bidang-bidang yang menunjang kehidupan manusia, termasuk didalamnya bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), tidak dapat dipungkiri bahwa Pendidikan Vokasi dan Kejuruan memegang peran yang cukup sentral dalam memenuhi kebutuhan tersebut. Dalam hal ini di Indonesia, misi mulia ini dibawa oleh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan lembaga pendidikan setara. Jumlah SDM berkompeten ini akan terus menjadi penentu kemajuan bangsa di berbagai bidang, termasuk meningkatkan angka Produk Domestik Bruto (PDB)/Gross Domestic Product (GDP).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 9 September 2016 telah menandatangani Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan Dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Sumber Daya Manusia Indonesia. Hal ini ditindaklanjuti melalui Nota Kesepahaman antara Kementerian Perindustrian, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Ketenagakerjaan, dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara yang ditandatangani oleh 5 Menteri  pada 29 November 2016.

Sebagai salah satu perwujudan dan langkah nyata dukungan industri terhadap Inpres 9/2016 dan MoU tersebut, maka PT. IBM Indonesia, Axioo Education, didukung penuh oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Perindustrian RI melalui Program Kerjasama Pemerintah Indonesia – Jerman, SED-TVET, mengadakan mengadakan Lokakarya Peningkatan Kompetensi TIK SMK melalui Peran Serta Industri sebagai langkah awal dari pijakan bersama di 4 kota: Lokakarya Bandung, Lokakarya Yogyakarta, Lokakarya Surabaya, dan Lokakarya Makassar yang difasilitasi oleh Dicoding

Acara Lokakarya Bandung untuk rangkaian SMK Tangkas Teknologi ini terbuka hanya untuk 100 peserta yang Mengemban Jabatan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Bagian Hubungan Industri, atau Guru Produktif IT / TIK dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bidang apapun, bersifat gratis. Satu sekolah dibatasi 2 (dua) orang perwakilan dan setiap orang mendaftar sebagai individu. Apabila berminat dapat mendaftar melalui https://goo.gl/rA5wFU.

Prioritas utama kepesertaan akan diberikan kepada:

  1. Bapak/ibu yang dapat hadir FULL-DAY (08.00-17.00) pada penyelenggaraan acara ini.
  2. Sekolah peserta SMK Inclusive Innovation Challenge 2016
  3. Sekolah yang telah terdaftar sebagai binaan Axioo Class Program
  4. Sekolah yang memiliki kerja sama industri dengan IBM Indonesia atau Dicoding Indonesia.