Facebook Telah Meng-opensource-kan Lebih dari 50 Proyek di 2016!

Hadyan Palupi 25 Juli 2016

Facebook Telah Meng-opensource-kan Lebih dari 50 Proyek di 2016!

Sering disebutkan bahwa model perusahaan abad 21 saat ini dibangun atas teknologi Open Source (sumber terbuka red). Tanpa terkecuali Facebook-pun masuk dalam kategori ini. Lebih dari itu, model ini sudah menjadi contoh setting baru bagi perusahaan lain untuk mengembalikan teknologi kepada komunitas developer.

Kita bisa mempelajari lebih dalam lagi dari artikel Facebook open source initiative dan list panjang dari proyek yang telah di-opensource-kan oleh perusahaan jejaring sosial tersebut.

Baca juga: 17 Grup Populer tentang Pemrograman di Facebook yang Berasal dari Indonesia

Selama acara konferensi developer F8 2016 yang lalu, opensource telah mengambil peran yang sangat penting. Dalam postingan blog perusahaan besar tersebut baru-baru ini, Facebook telah meng-opensource-kan 54 project barunya. Di luar dari hal itu, lebih dari 10 proyeknya masing-masing telah difollow oleh lebih dari 500 followers.

"Kami membangun 'tools' dimana para programmer mampu bekerja dengan mudah antar platform, secara otomatis mengetest problem secara cepat dan membantu mengembangkan peforma secara menyeluruh dari produk yang kami bangun." Tulis Christine Abernathy seorang advokat developer dalam tim opensource Facebook.

Beberapa proyek besar yang telah di-opensource-kan oleh Facebook di 2016 : Dalam postingannya Christine menjelaskan beberapa hal yang harus dicatat sebagai perihal penting dalam proyek yang baru-baru ini di-opensource-kan :

  1. Draft.js : Merupakan rich text editor berbasis React.JS yang di-opensource-kan saat konferensi React.JS. Proyek ini bertujuan mempermudah customize rich text ke dalam React web apps.

  2. ReDex : Merupakan bytecode optimizer yang di-opensource-kan saat F8 2016: ReDex memiliki tujuan untuk membuat aplikasi android memiliki ukuran yang lebih kecil. Facebook telah mampu mengurangi ukuran aplikasi Andorid sebesar 20% menggunakan ReDex.

  3. Memory Bundle : Tool opensource ini digunakan untuk IOS dan termasuk di dalamnya tools yang bernama FBRetainCycleDetector, FBMemoryProfiler, dan FBAllocationTracker. Digunakan untuk menemukan dan memperbaiki secara instans memory-memory yang rawan crash karena alokasi memory.

Berita penting lainnya, dari Inisiatif Opensource Facebook ini. Facebook meng-opensource-kan implementasi torch untuk melatih neural network code image recognition. baru-baru ini juga Facebook sudah meng-opensource-kan Facebook CTF- jaringan sosial yang bermula dari rumah yang menyediakan sarana kontes, untuk membantu para murid sekolah belajar dan melawan ketidakamanan. Inisiatif opensource lainnya dari Facebook terlihat dari bentuk interface baru untuk bahasa pemrograman OCaml

jika kamu ingin mempelajari lebih jauh mengenai inisiatif opensource facecook silahkan kunjungi GitHub atau code.facebook.com

Sumber : http://fossbytes.com/facebook-already-open-sourced-50-projects-2016/