FeathersJS, Alternatif Javascript Framework Untuk Buat Aplikasi Real Time!

Ryoka Vertikal 6 Desember 2016

FeathersJS, Alternatif Javascript Framework Untuk Buat Aplikasi Real Time!

JavaScript merupakan bahasa yang dinamis dan perkembangannya cukup pesat karena dukungan komunitasnya. Tak heran jika diluar sana banyak framework-framework javascript yang bermunculan dan saling melengkapi masing-masing. Hal ini membuat seorang pemula agak bingung mau memulai yang mana nih. Intinya sih cari yang komunitasnya banyak dan aktif. Tak kalah penting adalah kemauan untuk mempelajari suatu bahasa pemprograman.

Bicara framework JavaScript,tentunya kita sudah tidak asing dengan nama Meteor. Ya! Meteor ini merupakan full stack javascript framework yang populer karena real time aplication nya. Kita tidak perlu reload sebuah halaman ketika terjadi sebuah pembaruan data. Ini cukup praktis dan efektif. Kali ini kami tidak membahas tentang Meteor. Ada satu framework Javascript yang juga bisa untuk buat aplikasi real time yaitu FeathersJS

Apa itu FeathersJS? Framework ini dikembangkan dengan dasar ExpressJS yang dirancang untuk memudahkan kita membangun sebuah aplikasi web modern maupun API. FeathersJS mendukung beberapa database seperti MongoDB,NeDB,Mysql dan masih banyak lagi. Sesuai dengan motto-nya "A minimalist real-time framework for tomorrow's app", FeathersJS dikembangkan untuk memudahkan developer membangun sebuah web apps. Kita bisa menggunakan modul-modul yang tersedia untuk projek kita.

Dokumentasi nya FeatherJS juga cukup lengkap dan bisa kita pelajari disini. Selamat belajar!