Geeknesia Bersiap Meluncurkan Fitur Barunya, Product Crowdfunding

Ahmad Oriza 23 Februari 2016

Geeknesia Bersiap Meluncurkan Fitur Barunya, Product Crowdfunding

Beberapa tahun belakangan ini sering kali kita dengar pembahasan mengenai IoT. Beberapa vendor terkenal pun sudah berlomba-lomba memproduksi alat berbasis IoT. Teknologi yang dulu hanya bisa dinikmati konsumen kelas perusahaan untuk keperluan automation, kini bisa dinikmati oleh rumahan (home automation). Bahkan sampai ke tingkat individu, misalnya saja perangkat IoT untuk kesehatan seperti Nike FuelBand. Pertukaran data melalui jalur internet yang diimplementasikan pada perangkat embedded, membuat perangkat menjadi lebih pintar.

Kemudian jika kita lihat dari sudut pandang developer, hal ini merupakan suatu "kesempatan".  Saat ini banyak teman-teman developer Indonesia yang mengembangkan produk IoT. Kita lihat saja acara yang berlangsung beberapa minggu lalu, IoT Developer Day yang memperlihatkan beberapa produk IoT lokal.

Jika kita berbicara IoT di Indonesia, tentunya sulit dipisahkan dari Geeknesia. Geeknesia merupakan platform backend as a service untuk IoT pertama di Indonesia. Geeknesia menyediakan REST API yang dapat dimanfaatkan oleh perangkat IoT. Platform ini berguna bagi makers (sebutan untuk antusias hardware dan IoT) untuk mentransmisikan data aktifitas perangkat secara real-time. Geeknesia juga menyediakan dashboard untuk memvisualisasikan pertukaran data tersebut. Sebagai platform pendukung makers, Geeknesia menolong makers untuk memangkas waktu pengembangan aplikasi dan maintenance.

Perkembangan Geeknesia memang mampu menyedot perhatian makers. Sampai saat ini Geeknesia telah memiliki 1.270 makers teregistrasi, 473 proyek IoT, 405 perangkat terkoneksi.

Geeknesia dalam waktu dekat ini akan meluncurkan fitur terbarunya, IoT Crowdfunding. Fitur ini diharapkan mampu menjadi solusi untuk makers yang memiliki keterbatasan dana dalam proyeknya. Peluncuran dan pengenalan fitur baru ini akan dilangsungkan di  The Hall, Senayan City (8th Floor) tepatnya dalam acara Social Media Week Jakarta #SMWJAKARTA. Social Media Week Jakarta

Dengan semangat mengembangkan ekosistem IoT di Indonesia. Pak Martin Kurnadi (founder dari Geeknesia) bersama komunitas mencoba menjelaskan layanan IoT platform dari Geeknesia juga menjelaskan tentang IoT Crowdfunding.

Bagi teman-teman yang tertarik menghadiri acara tersebut, silahkan mendaftar langsung pada tautan ini http://socialmediaweek.org/jakarta/events/embracing-indonesian-innovation-ecosystem-iot-crowdfunding-concepts/.

  • Acara ini FREE dan terbuka untuk publik.

Ayo ikut serta!