Halite, Library Kriptografi PHP

Yana Permana 30 September 2015

Halite, Library Kriptografi PHP

Halite adalah library Kriptografi PHP yang menawarkan antarmuka yang sederhana dalam menggunakan ekstensi PHP khususnya libsodium. Halite menekankan kesederhanan tanpa mengorbankan keamanan yang dibawa oleh libsodium. Halite merupakan perangkat lunak gratis yang dirilis dengan lisensi GPLv3. Jika kita menginginkan lisensi non komersial untuk proyek kita, cukup hubungi author Halite.

Banyak keuntungan Halite dibanding Vanilla Libsodium, yang pertama mengenai kesederhanaan. Halite tidak memerlukan kompleksitas untuk manajemen nonce. Kita cukup mengatur key saja. Key tersebut direpresentasikan oleh objek data untuk mencegah pengguna yang melakukan kesalahan.

Kedua, Halite sebagai library enkripsi file khususnya ketika streaming. Penyederhaan antarmuka untuk enkripsi dan dekripsi file juga disederhanakan oleh Halite. Untuk shared secret-key dan public key diekspos juga oleh Halite sehingga file yang telah terenkripsi dan terdekripsi mempunyai public key dan private key yang jelas.

Ketiga, Halite merupakan komponen pre-built. Artinya kita bisa mengatur keamanan cookie HTTP menggunakan enkripsi yang terotentifikasi.

Halite dan Libsodium mempunyai hubungan dimana fungsionalitas Halite berasal dari Libsodium. Bedanya jika kita ingin sesuatu yang lebih kompleks, kita bisa menggunakan Libsodium. Paragaon Initiative Enterprises sebagai pengembang Halite, sengaja membuatnya untuk pengguna higher-level. Sedangkan dalam Libsodium berisi library NaCL yang diasuh oleh Frank Denis dan dirilis dengan lisensi ISC.

Dengan demikian library Halite dikembangkan dari library Kriptografi yang sudah standar seperti NaCL dan Libsodium. Mudah-mudahan kita bisa menggunakannya di banyak proyek PHP kita. Untuk mencobanya, kita bisa kunjungi situs resminya di https://paragonie.com atau melalui GitHub.

(yp/paragonie)