Hasil Survei Komunitas Pengembang Django Sudah Rilis

Ridwan Fajar 10 Juli 2015

Hasil Survei Komunitas Pengembang Django Sudah Rilis

Pada bulan Mei 2015, pihak pengembang inti Django menerbitkan survei bagi para pengguna dan pengembang Django. Hal ini dilakukan agar pengembangan Django versi berikutnya lebih terarah dan demokratis. Dengan hadirnya survei ini, para fans Django pun meluangkan waktunya untuk memberikan pendapat mereka kepada pengembang inti Django.

Hasil survei ini akhirnya rilis pada bulan Juli 2015, dan dengan baik hati, pengembang inti Django mengumumkan hasil survei mereka kepada publik. Ada sekitar 3018 orang yang memberikan responnya untuk survei ini. Berikut ini adalah sedikit ringkasan hasil survei komunitas pengembang Django:
  • Penggunaan umum, responden memilih Django-ORM sebagai komponen Django yang paling berharga, auth dan admin merupakan contrib apps yang berharga bagi responden, unittest2 terpilih sebagai test framework yang paling banyak digunakan responden. Untuk third-party responden memberikan banyak sekali jawaban, diantaranya django-debug-toolbar, django-grappelli, dan django-rest-framework
  • Django terhadap komponen lain, postgresql_psycopg2 terpilih sebagai database backends yang paling banyak digunakan, disusul oleh SQLite3 dan MySQL. Untuk third-party database backends, responden memberikan jawaban terbanyak pada mysql.connector.django, disusul oleh django-mssql dan django-pyodbc. Template engine yang paling difavoritkan tentu saja django template engine, namun Jinja2 berusaha menjadi yang kedua diantara lainnya. Memcached dan Redis bersaing sebagai cache-backends terfavorit. Session backends yang paling banyak digunakan adalah cache. Bagian dokumentasi yang paling berguna bagi responden adalah references guide, disusul topic guide, how-to, dan tutorials.
  • Komunikasi pengembangan Django, responden kebanyakan mengikuti perkembangan pengembangan Django melalui release note Django. Kemudian banyak juga yang mengikutinya melalui blog Django. dan Terbanyak berikutnya melalui Reddit, Hacker News, dan forum lainnya. Mungkin Reddit populer dikalangan responden, karena Reddit dibuat menggunakan Django. Dan bagi responden, tim pengembang Django memberikan komunikasi yang sangat baik tentang pengembangan Django.
  • Jadwal rilis, Sebanyak 32 % responden memilih jadwal rilis Django untuk setiap 6 bulan, dan 31 % memilih jadwal rilis Django untuk setiap 12 bulan. Sejumlah responden mengapresiasi jika Django merilis versi long term support (LTS). Sejumlah responden lainnya menyarankan untuk tidak sering melakukan rilis karena dapat mengakibatkan inkompatibilitas dengan third-party apps. Sejumlah responden lain ingin melihat roadmap Django untuk dua tahun kedepan, ada juga yang berpendapat bahwa melakukan rilis terlalu sering mengakibatkan kesulitan upgrade Django pada aplikasi yang sudah di tahap production. Ketika memulai projek baru, responden lebih banyak memilih menggunakan latest stable version. Umumnya responden melakukan upgrade Django ketika ada versi stable terbaru atau menginginkan fitur baru dari Django.
  • Lainnya, responden umumnya memfavoritkan komunitasnya yang besar. Konsep model, views, dan URL mempunyai pendekatan sederhana. Sangat mudah untuk membangun API. Dan migration tools yang tertanam di Django sangat memukau. Selain itu dokumentasi dan batteries included yang terdapat di Django, sangat membantu para pengembang aplikasi Django dengan lebih mudah. Selain itu responden pun memiliki beberapa hal yang tidak disukai dari Django seperti melakukan kustomisasi halaman admin Django sangat sulit dilakukan.
[caption id="attachment_5021" align="aligncenter" width="600"]Sekilas hasil survei komunitas Django (sumber: docs google) Sekilas hasil survei komunitas Django (sumber: docs google)[/caption]

Untuk melihat hasil lengkapnya, dapat Anda kunjungi di Hasil Survey Komunitas Django.