Hello Java

Yudi Setiawan 23 Desember 2015

Hello Java

Apa itu Java? sejenis makanankah atau salah satu aliran jenis musik yang sering Anda dengar seperti "Java Jazz" gitu. Hehehe.... Bukan. Java di sini yang saya bahas ialah salah satu bahasa pemrograman yang paling saya senangin. Bahkan, gara - gara Java ini akhirnya saya bisa menghasilkan uang juga untuk melanjutkan studi S1 saya.

Java itu ada banyak jenisnya mulai dari J2SE (ini yang sering saya pakai, untuk desktop komputer), J2EE (setahu saya ini untuk berbasis web enterprise), J2ME (ini untuk Mobile edition tapi, bukan Android ya. Ini yang untuk Handphone2 versi lama sebelum adanya Android).

Pada tutorial saya yang pertama ini di CodePolitan, tidak banyak yang ingin saya tulis. Sebagai salam perkenalan saja. Sesempat - sempatnya saya usahain bakal nulis semua pengalaman coding saya di Java dan Android di CodePolitan. Kebetulan menjelang akhirnya tahun 2015 ini sebagian proyek saya sudah mulai selesai jadi, ada sedikit waktu kosong yang bisa saya isi untuk melakukan hal - hal yang saya suka salah satunya yaitu, nulis tutorial gini lah.

Sedikit cerita dari saya, kalau saya ini orangnya di kampus pelit banget kalau ada tugas kuliah khususnya tugas pemrograman. Kenapa pelit? Karena, menurut saya yang namanya tugas itu ya dikerjakan saja masalah nilai bagus atau tidak itu masalah belakangan. Konsep penting bagi saya dalam perkuliahan ialah bahwa setelah lepas dari masa perkuliahan saya dan teman - teman harus mempunyai skill yang bisa dipakai di dunia pekerjaan. Terserah skill apa yang penting Anda senang akan skill tersebut.

Jujur, kalau bakat programming saya ini muncul dari masa perkuliahan di semester 1 ketika itu saya belajar mata kuliah Algoritma Dasar menggunakan bahasa C (yang screen nya warna biru itu loh). Di semester 1 ini, saya banyak mencoba berbagai hal dan belajar sendiri dirumah bahkan sampai larut malam. Di semester 1, memang banyak sekali waktu saya yang terbuang untuk belajar coding bahkan untuk ngumpul bareng teman - teman kampus aja susahnya minta ampun. Tapi, itu saya lakukan karena niatnya saya yang kuat untuk bisa mencapai cita - cita saya saat itu dan sampai saat ini yaitu, menjadi Programmer.

Tapi, sedikit motivasi untuk Anda semua yang baru mulai belajar pemrograman ada sedikit kata - kata yang selalu saya pegang dalam belajar pemrograman yaitu, "Percayalah bahwa apa yang Anda tanam hari ini akan bisa Anda nikmati hasilnya di masa yang akan datang".

Oya, sedikit info kalau saya ini sebelumnya pernah tulis di JagoCoding.com jadi, kalau ada tutorial yang judulnya itu tidak terlalu jauh berbeda pada tutorial yang pernah saya tulis di JagoCoding.com itu berarti, saya lagi ingin memperdalam pembahasan tersebut sehingga saya ingin menulis ulang tutorial tersebut agar pembaca lebih mudah memahaminya.

Sedikit coding Java sebagai salam kenal saya untuk Anda semua.

public class Main
{
	public static void main(String[] args)
	{
		System.out.println("Hello World!, Keep Smile and Write Code");
	}
}