Jelajahi Dunia Ilmu Komputer bersama Research Facebook

Ridwan Fajar 1 November 2014

Jelajahi Dunia Ilmu Komputer bersama Research Facebook

Ilmu Komputer adalah sebuah bidang baru di dunia saintifik yang fokus pada pengembangan solusi berbasis algoritma, matematika, dan komunikasi untuk mengolah informasi. Di Indonesia sendiri perguruan tinggi yang menyelenggarakan bidang tersebut beberapa diantaranya adalah UI, IPB, UGM, ITB, UNIKOM, UPI, dan lainnya. Ilmu Komputer sendiri memang terhitung sebagai ilmu baru dan terus berkembang. Tidak hanya berkembang di bidang bisnis saja, kini ilmu komputer sudah merambah ke bidang sosial, kecerdasan buatan, dan lainnya. Program Studi lain yang masih dalam satu jalur antara lain Sistem Informasi, Teknik Komputer, Teknik Informatika, Akuntansi Terkomputerisasi, Manajemen Informatika, dan lainnya.

Mark Zuckerberg pernah belajar di jurusan ilmu komputer, Harvard University. Semasa kuliahnya beliau diketahui sebagai orang yang rajin ngulik sampai akhirnya membuat prototipe Facebook pertama dengan nama TheFacebook.Com . Diawali dengan pengguna yang terbatas pada lingkungan kampus, akhirnya Mark mendirikan Facebook yang penggunanya telah mencapai hampir 1 milyar pengguna dari berbagai penjuru dunia. Facebook pun hadir dan berkembang dalam rangka menghubungkan setiap orang di dunia.

Mark sendiri menaruh perhatian dalam pengembangan ilmu komputer, dalam pengembangan Facebook yang sudah hampir 10 tahun ini, tidak lepas dari pengaruh ilmu yang dia pelajari selama kuliah. Bersama rekan - rekannya, Facebook memiliki sistem jejaring sosial yang mumpuni disertai fitur analitis yang mengandalkan data histori yang dimiliki seseorang atau grup. Tidak heran bila Facebook memiliki fitur advertisement yang hampir sesuai dengan kepribadian kita. Tidak hanya mengimplementasikan ilmu komputer yang pernah dipelajarinya selama kuliah, Facebook pun hadir dengan mengandalkan teknologi open source seperti PHP, MemCached, Cassandra, Linux, dan lainnya.

Dalam perjalanannya, Facebook pun menghadirkan Research Facebook, sebuah departemen yang menyelenggarakan penelitian dan mewadahi para peneliti di Facebook. Facebook meluncurkan berbagai jurnal dalam berbagai bidang di ilmu komputer yang terjalin atas kerjasama dan dari internal Facebook sendiri. Beberapa bidang yang dihadirkan dalam Research Facebook antara lain:

  • Facebook AI Research
  • Data Science
  • User Experience Research
  • System Research
  • Compilers
  • Data Mining
  • Databases
  • Distributed Systems
  • Human Computer Interaction
  • Economics and Computation
  • Machine Learning
  • Language Technologies
  • Networking
  • Security and Privacy
  • Social Computing
Jurnal yang ter-publish cukup banyak, sehingga Anda dapat membaca jurnal tersebut untuk keperluan akademis atau pengembangan teknologi informasi di perusahaan Anda. Anda dapat mengunduh jurnal yang ada di Research Facebook secara gratis. Selain memiliki direktori jurnal yang berkaitan dengan pengembangan Facebook, Research Facebook memiliki layanan lain seperti kerjasama penelitian untuk mahasiswa pascasarjana dan sarjana, kunjungan akademis, program magang, dan lainnya. Selain jurnal terdapat pula blog yang berisi artikel terkait dengan teknologi Facebook.

Untuk menjaga relasi antara peneliti, komunitas, akademisi, dan perusahaan lain. Research Facebook menyelenggarakan pula berbagai konferensi yang cukup penting seperti Neural Information Processing System (NIPS) 2014 (akan diselenggarakan 8 Desember 2014), Operating System Design and Implementation (OSDI) 2014, Special Interest Group Knowledge Data Discovery (SIGKDD) 2014, Special Interest Group on Data Communication (SIGCOMM) 2014, Network Faculty Summit, Symposium on Usable Privacy and Security (SOUPS) 2014, dan lainnya. Kunjungi Research Facebook disini: http://research.facebook.com

Sumber Cover Image: https://about.fb.com/

(rfs/)