Kategori Submission Re-Cloud Challenges Indonesia 2021

Novan Junaedi 18 Januari 2021

Kategori Submission Re-Cloud Challenges Indonesia 2021

Hi coders! Tak terasa Re-Cloud sudah berjalan cukup lama sejak dibuka pada 11 Januari lalu. Sudah submit website terbaikmu belum? Kalau belum, tenang saja, karena deadline submit website masih cukup lama yaitu 18 februari 2021. Jadi masih ada waktu untuk mempersiapkan websitemu sebaik-baiknya.

Hari ini kita akan sedikit membahas tentang kategori submission apa saja sih yang ada di Re-Cloud Challenges itu, mari kita simak penjelasannya!

Seperti yang tertera di website resminya re-cloud.id ada beberapa kategori website yang dipertandingkan, diantaranya:

1. Blog

Website yang memuat konten yang khas dan unik dari pemilik blog tersebut. Konten yang dimuat bisa berupa tulisan, gambar, video atau konten lain di dalam blog atau websitenya.

2. Business

Website yang memuat informasi bisnis seperti penjelasan produk atau jasa, visi misi, dan halaman kontak. Web bisnis juga bertujuan untuk memberikan informasi terkait promo menarik dan berita-berita seputar produk atau jasa yang dijual oleh bisnis tersebut.

3. Media/News

Website yang menyajikan informasi berita kejadian, opini dan lain sebagainya. Media/News adalah website yang menampilkan informasi atau artikel yang mempunyai fitur berita, kategori berita, pencarian berita dan sebagainya.

4. Commerce

Website untuk jual beli barang/ jasa, dan terdapat interaksi antara penjual dan pembeli untuk bertransaksi dengan layanan website tersebut. Fungsi dasarnya memiliki katalog produk/layanan, pengecekan ketersedian produk, pemesanan dan transaksi online. Contohnya: Toko Online, Marketplace, Travel, Hotel, dsb

5. Landing Page

Website yang memuat informasi tentang produk atau jasa tertentu yang cenderung lebih spesifik. Bisa juga dalam bentuk personal profile seperti CV Online dan juga informasi khusus. Tujuan utamanya adalah mengajak pengunjung untuk membeli produk, mengisi formulir, atau mempelajari informasi yang diberikan.

6. Portfolio

Website yang memuat hasil karya atau pekerjaan suatu individu atau kelompok dan biasanya digunakan untuk meyakinkan mitra atau klien dengan hasil kerja dan kualitas pekerjaan pemilik website. Jenis website ini banyak digunakan para profesional dan freelancer.

7. Wiki/Community/Forum

Website yang memuat konten yang dihasilkan dari interaksi antar pengguna di dalamnya. Biasanya digunakan untuk mencari dan mendapatkan informasi terbaru, tips, atau tutorial dari satu atau beberapa topik tertentu.

8. E-Learning/Online Course

Website yang dirancang untuk melakukan proses belajar mengajar secara online. Biasanya digunakan oleh perusahaan, instansi pendidikan dan layanan kursus online.

9. Game

Website yang dirancang memuat informasi dan atau memainkan suatu game berbasis web. Tidak ada batasan mengenai jenis game yang dipublikasikan, selama sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku di Indonesia.

10. Entertainment

Website yang ditujukan sebagai media hiburan baik berupa gambar, audio, hingga video yang bertujuan untuk menghibur pengunjung website. Seperti podcast personal, vlog, dan sejenisnya.

11. Portal

Website yang ditujukan sebagai tempat berinteraksinya member khusus (mirip seperti forum dan komunitas) dan cenderung eksklusif untuk kalangan tertentu. Jika tidak menjadi member maka tidak bisa mengakses portal tersebut.

12. Productivity/Utilities

Website yang memuat layanan untuk kebutuhan personal maupun perusahaan yang membantu kebutuhan sehari hari. Seperti website timer, time tracking, virtual boards, scheduler, task management dan lain sebagainya.

13. Miscellaneous/Others

Website yang tidak termasuk kategori website di atas disebut masuk kategori ini. Silahkan pilih kategori ini bisa kesulitan menentukan website apa yang kamu submit.

Nah itu tadi merupakan kategori submissions yang ada di Re-Cloud Challenges Indonesia 2021. Ada banyak kan, jadi tidak perlu khawatir kalau website yang kamu buat tidak ada dalam kategori yang dilombakan. Jadi, segera submit website terbaikmu karena 200 orang tercepat akan mendapatkan goodie bag ekslklusif dari Alibaba Cloud dan Codepolitan!

Untuk informasi lengkap mengenai acara ini bisa langsung mengunjungi website resmi Re-Cloud di re-cloud.id

Pantengin terus Sosial Media (Sosmed) Codepolitan untuk info seputar Re-Cloud Challenges Indonesia.

Follow @codepolitan dan @re_cloud.id
#Re_CloudChallengesIndonesia