Kesuksesan Duet Pendiri Firebase

Ridwan Fajar 27 Mei 2016

Kesuksesan Duet Pendiri Firebase

Firebase adalah salah satu layanan yang menawarkan realtime database yang mudah untuk digunakan oleh web developer. Anda dapat memasang Firebase ke dalam aplikasi melalui kode Javascript client yang dapat dengan mudah dikonfigurasi dan dimodifikasi. Firebase berdiri sejak April 2012, dan berbasis di San Francisco, Amerika Serikat. Firebase memberikan API kepada developer untuk mengirim dan mengsinkronisasi data di setiap client yang terhubung ke Firebase. Tapi akhirnya, Pada Oktober 2014 Google mengakuisisi Firebase untuk menjadi bagian Alphabet Inc.

Kesuksesan Firebase tidak lepas dari duet founder-nya yaitu James Tamplin dan Andrew Lee. Mereka berhasil menelurkan 3 buah produk utama yaitu Firebase Database, Firebase Hosting, dan Firebase Simple Login. Selain it ada dua produk lainnya yang dirilis open source. Pertama adalah Firepad, sebuah collaborative realtime editor yang digunakan oleh Atlassian Stash dan Koding. Dan proyek open source mereka yang kedua adalah Firechat, sebuah aplikasi realtime chat yang dirilis dibawah lisensi MIT. Firebase merupakan perusahaan yang berevolusi dari Envolve, start-up rintisan mereka berdua sebelum akhirnya mendapatkan pendanaan dari berbagai pemodal seperti Flybridge Capital Partners, Greylock Partners, NEA, dan Union Square Ventures sampai akhirnya diakuisisi oleh Google.

Baca juga: Firebase Membantu Kita Membuat Aplikasi Realtime

Kini James Tamplin yang merupakan pendiri Firebase telah menjadi Product Manager untuk Firebase di Google, 2014 lalu. Tidak hanya Firebase yang dia dirikan, beberapa start-up telah dia dirikan seperti Envolve (sebuah chat widget seperti Facebook Chat), SendMeHome (aplikasi pencarian tracking barang yang tersesat), dan Keep Security (sebuah sensor fingerprintdi iPhone untuk proses pengamanan pembayaran). Sebelum mendirikan perusahaan, James pernah bekerja sebagai software engineer di sebuah perusahaan bernama TempWork Software (Juni 2003 - Agustus 2004) dan di Boomerang Management (Februari 2009 - Juli 2009). James juga pernah menjadi seorang peneliti di Wisconsin E-Business Consortium (Januari 2006 - September 2007).

[caption id="attachment_10029" align="aligncenter" width="300"]James Tamplin James Tamplin [/caption]

James menempuh pendidikan Sarjana Teknik Industri di Universitas Wisconsin-Madison (2002 - 2006), kemudian dia melanjutkan kuliah magister di bidang yang sama dan di kampus yang sama dengan mengusung proyek magister yang menganalisis dan memgatur ulang supply chain untuk Alliant Energy. Selain itu James juga mempunyai sebuah paten yaitu, SYstem and Method for Permission Confirmation by Transmitting a Secure Request Through a Central Server to a Mobile Biometric Device yang didaftarkan ke badan paten Amerika Serikat dengan nomor 20100042835. Pendaftar paten tersebut adalah James dan Andrew Lee.

[caption id="attachment_10030" align="aligncenter" width="300"]Andrew Lee Andrew Lee[/caption]

Berbeda dengan James, Andrew menempuh pendidikan sebagai sarjana dua gelar di Teknik Elektro dan Ilmu Komputer (2002 - 2006) di Rose-Hulman Institute of Technology. Saat ini Andrew menjadi Engineering Manager untuk Firebase dengan fokus pada pembangunan API yang mudah dan nyaman digunakan oleh developer. Sebelum mendirikan beberapa start-up bersam a James, Andrew pernah bekerja sebagai software engineeer dan magang di beberapa perusahaan besar. Andrew pernah magang di Noink Communication untuk menguji beberapa aplikasi medis di perangkat mobile (Juni 2003 - Agustus 2003), kemudian magang di Adobe Systems yang bekerja untuk membuat fungsionalitas ekspor PDF di Photoshop CS3 (Juni 2004 - Agustus 2004), dan magang di Seagate Technology bekerja dengan Matlab untuk mencari performa harddisk (Juni 2005 - Agustus 2005). Akhirnya Andrew bekerja di Green Hill Software sebagai system software engineer untuk membangun aplikasi realtime dengan keamanan tinggi (Juni 2006 - Desember 2007).

(rfs/wikipedia/firebase/linkedin)