Konrad Zuse: Penemu Komputer Z1 dan Plankalkul

Ridwan Fajar 18 Agustus 2016

Konrad Zuse: Penemu Komputer Z1 dan Plankalkul

Sebagai negeri yang dipenuhi inventor dan ilmuwan, Konrad Zuse lahir menjadi salah satunya. Siapa sangka lulusan teknik sipil ini malah menjadi pencetus sekaligus pembuat sebuah komputer yang bernama Z1 hingga membuat versi lainnya dengan nama Z3. Konrad Zuse lahir pada tahun 1910 di Berlin, Jerman. Pada tahun 1935, dia lulus dari Technische Hochschule Berling-Charlottenburg di bidang Teknik Sipil. Di akhir pekannya setelah rehat kerja di Henschel Aircraft Company, Zuse membuat komputer pertamanya di ruangan tamu orang tuanya yan gakhirnya rampung pada tahun 1938.

Zuse bekerja selama perang dunia kedua dengan desain komputer lainnya, yaitu Z3. Komputer tersebut menjadi komputer pertama yang bekerja penuh sebagai komputer elektromekanis stored-program. Komputer tersebut dia jual kepada German Aircraft Bureau yang digunakan untuk memecahkan masalah aerodinamis. Tapi sayangnya komputer buatan Zuse dibom oleh Sekutu pada perang tersebut saat menyerang Berlin pada tahun 1945. Tapi karya lainnya yang bernama Z4 berhasil diselamatkan dan dijual kepada Federal Institute of Technology (ETH-Zurich) yang akhirnya menjadi satu - satunya komputer yang berjalan di benua Eropa pada saat itu.

Selain membuat sebuah komputer, Zuse juga dikenal sebagai orang yang membuat sebuah bahasa pemrograman yang bernama Plankalkul. Bahasa pemrograman yang terinspirasi dari Begriffsscrhift ini menjadi bahasa pemrograman yang berhasil diciptakan oleh Zuse. Plankalkul merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi lengkap pertama di dunia. Bahasa ini didesain oleh Zuse pada tahun 1940 tapi kemudian konsepnya dipublikasikan pada tahun 1948 karena masalah perang dunia kedua.

Baca juga: John von Neumann, Sang Ilmuwan Pencetus Konsep Virus Komputer Pertama di Dunia

Plankalkul dijelaskan oleh Zuse pada disertasinya pada tahun 1943, kemudian akhirnya pada tahun 1972 dipublikasikan kembali, sampai akhirnya compiler pertama yang berhasil dibuat pada tahun 1998. Plankalkul sendiri berparadigma imperative. Beberapa fitur yang dimiliki oleh Plankalkul adalah sebagai berikut:
  • Program adalah reusable function, dan function tidak rekursif
  • Variabel adalah lokal terhadap function (program)
  • Tipe data dasar terdiri dari array, tuple of array, floating point, fixed point, complex number, record, hierarchical data structure, dan list of pair
  • Tipe variabel tidak perlu dideklarasikan di header khusus
  • Tidak ada GOTO
  • Operasi penugasan
  • Kondisional
  • Sub program
  • pengulangan while
  • operasi logika
  • penanganan error aritmetika
Keberhasilan Zuse menjadikannya sebagai salah satu ilmuwan yang sangat populer dan menjadi rujukan bagi ilmuwan lain untuk menciptakan komputer digital modern. Beliau meninggal pada tahun 1995.

(rfs/computerhistory/wikipedia/idsia)