Maintenance dan Export Import di JSQLBeans

Ridwan Fajar 12 Agustus 2016

Maintenance dan Export Import di JSQLBeans

Bila suatu saat, kita ingin memindahkan isi tabel atau mengambil isi tabel untuk ditransfer secara offline, tentu saja kita membutuhkan sebuah alat atau fungsional yang dapat menghasilkan file SQL dari database yang akan kita sedot isinya. Kemudian mungkin file tersebut akan kita kirimkan ke laptop lain via e-mail ataupun flashdisk.

JSQLBeans mempunyai fitur untuk melakukan import / export tabel dan database yang dapat mempermudah kita untuk menyalin isi suatu database. Selain itu ada juga fitur maintenance yang dapat membantu kita untuk mengoptimasi sebuah database.

Import dan Export

Untuk melakukan export, pilih tab export, kemudian pilih database yang akan kita export. Anda dapat mencentang pilihan yang ada pada halaman tersebut seperti menyertakan drop database atau tabel, membuat trigger atau tidak, dan menambahkan atau menimpa isi yang telah ada. Kemudian tentukan nama file dan tempat file akan disimpan. Terakhir kita tekan tombol "Export" untuk membuat file SQL yang menyimpan sintaks SQL hasil export database dengan JSQLBeans. Selection_001 Selection_002

Sedangkan untuk melakukan import, kita cukup pilih tab import, kemudian pilih tipe file yang akan di-import, kemudian cari lokasi file yang akan di-import. Terakhir, tekan tombol "Go" untuk memulai proses import.

Selection_003

Maintenance Database

Maintenance database mungkin dapat sedikit dipermudah dengan menggunakan JSQLBeans ini, Anda dapat memilih menu "Maintenance" untuk mulai melakukan pemeriksaan database, dan melihat apakah tabel yang ada di database tersebut dalam kondisi sehat walafiat. Selain itu, Anda pun dapat melakukan optimasi tabel secara otomatis terhadap database yang dipilih. Selection_004 Selection_005

(rfs/jsqlbeans)