Martin Odersky : Pembuat Bahasa Pemrograman Scala

Ridwan Fajar 30 Mei 2014

Martin Odersky : Pembuat Bahasa Pemrograman Scala

Pernahkah mendengar sebuah bahasa pemrograman yang dapat berjalan di atas Java Virtual Machine (JVM) selain Java ? Bahasa pemrograman tersebut dipergunakan juga oleh salah satu social media yang sangat terkenal dengan istilah retweet. Yaap namanya adalah Scala, sebuah bahasa pemrograman yang memadukan paradigma functional programming dan object oriented programming. Sebagai contoh Anda dapat melihat bagaimana rupa dari bahasa pemrograman Scala:

object HelloWorld { 
	def main(args: Array[String]) { 
		println("Hello, Nyankoder!") 
	} 
}

Scala awalnya diciptakan oleh Martin Odersky, seorang profesor di sebuah perguruan tinggi di Swiss yang bernama Ecole Polytechnique Federal De Lausane (EPFL). Beliau mengajar materi programming method disana. Beliau meraih gelar Ph.D pada tahun 1989 dari ETH Zurich dibawah bimbingan Niklaus Wirth sang pencipta bahasa pemrograman Pascal. Semasa kuliah doktoralnya beliau menekuni structured and object oriented programming. Kemudian beliau mulai menyukai functional programming ketika bekerja di IBM dan Yale.

Pada saat Java dirilis, beliau mulai mencoba menambahkan fitur functional programming kepada Java. Waktu itu telah lahir beberapa Java yang memiliki fitur functional programming seperti Pizza dan Generic Java. Pada saat itu disamping mencoba menambahkan functional programming kepada Java, beliau juga mengembangkan javac, compiler Java yang digunakan saat ini.

Selepas mengembangkan Java, beliau mulai menggarap kembali Scala yang diciptakannya. Dengan membangun sebuah perusahaan yang bernama Typesafe Inc. Setelah berdirinya Typesafe Inc., Scala menjadi bahasa pemrograman yang tidak digunakan untuk laboratorium saja. Kini Scala sudah menjadi bahasa pemrograman yang digunakan di Industri dan Pendidikan. Bahkan di EPFL sudah terdapat sebuah grup yang fokus pada pemrograman menggunakan Scala.

Karena latar belakang beliau yang merupakan seorang pendidik dan profesor, beliau menjadi seorang pengajar di sebuah massive open online courses (MOOC) yang bernama Coursera. Disana beliau mengajar materi yang berjudul Functional Programming Principles in Scala dan Principles of Reactive Programming. Anda dapat melihat profil lengkap beliau di Coursera melalui link berikut ini: https://www.coursera.org/.

Hal unik lainnya adalah sebelum beliau membangun Typesafe Inc. beliau merupakan seorang pegawai di Borland. Seperti yang kita tahu bahwa Borland adalah sebuah perusahaan yang menciptakan Delphi, Turbo Pascal, Turbo C, Turbo C++, dan produk untuk pengembangan software lainnya. Selepas bekerja dari Borland, beliau membangun Scala Solutions sebelum akhirnya membangun Typesafe Inc.

Jika Anda tertarik untuk berinteraksi atau mendapatkan kabar terbaru dari beliau. Anda dapat mengikuti beliau bukan hanya di LinkedIn dan Coursera saja. Anda dapat mengikutinya di Twitter (https://twitter.com/odersky), StackOverFlow (http://stackoverflow.com/users/210303/martin-odersky), dan Github (https://github.com/odersky).

Semoga dengan membaca cerita dari Martin Odersky ini, dapat membuat Anda menjadi seorang kreator di dunia pemrograman khususnya dan bidang lain yang Anda tekuni umumnya. Semoga bermanfaat.

sumber :