Masa Depan jQuery UI dan jQuery Mobile

Bagus Aji Santoso 22 Desember 2017

Masa Depan jQuery UI dan jQuery Mobile

Beberapa tahun terakhir merupakan tahun-tahun yang sulit bagi jQuery UI dan jQuery Mobile. Kedua proyek inikesulitan karena kurangnya sumberdaya, pembiayaan dan perginya developer karena berbagai macam alasan. Faktor-faktor tadi sudah hampir membuat pengembangan mereka terhenti. Untuk menangani situasi yang sulit ini pihak jQuery akhirnya memutuskan untuk mengubah komposisi tim dan cara kerja mereka.

Scott Gonzalez yang sudah memimpin proyek jQuery UI selama bertahun-tahun dan sudah membantu meningkatkan banyak hal akhirnya memutuskan untuk mundur sebagai pimpinan proyek, namun masih tetap akan membantu pengembangan. Kemudian untuk mengefisienkan penggunakan sumberdaya yang ada diputuskanlah untuk menggabungkan 2 tim (UI dan Mobile) menjadi satu di bawah kepemimpinan Alex Schmitz, seorang kontributor jQuery UI senior juga pimpinan di tim jQuery Mobile. Karena penggabungkan ini diharapkan project akan berjalan dengan lebih baik karena sebetulnya kedua project ini saling berhubungan (jQuery Mobile bergantung pada jQuery UI). Penggabungan tim pengembang ini bukan berarti kedua project juga akan digabungkan. Keduanya masih akan berjalan di repositori masing-masing seperti biasa.

Dulu saat seseorang ingin bergabung kedalam tim jQuery UI atau jQuery Mobile mereka harus melakukan kontribusi ke kedua library. Sekarang kebijakan tersebut dirubah sehingga siapapun boleh bergabung hanya untuk berkontribusi ke salah satu saja sehingga waktu yang mereka butuhkan untuk berkontribusi bisa lebih pendek. Jadi, orang yang hanya tertarik untuk mengerjakan sortable dapat berkontribusi di widget itu saja tanpa harus berkontribusi di bagian lain dari kedua library tersebut.

Sebelumnya juga seluruh komunikasi dilakukan via IRC. Seiring berjalannya waktu semakin banyak orang yang beralih ke platform lain yang lebih mudah seperti Slack. Oleh karena itu, tim jQuery UI akan menggunakan Slack sebagai sarana komunikasi harian juga untuk meeting. Harapan dari perubahan ini ialah untuk memudahkan kontribusi juga interaksi dengan calon anggota tim yang baru. Semua orang dapat bergabung ke channel Slack melalui tautan berikut https://join.slack.com/t/jqueryui-dev/shared_invite/enQtMjY5MzYwMDY0NDY1LWQzZGQ4ODE2OTY1MTE2MDUxOGYyMGJmZDIyNzMzYmRmMzk3YTg4YWU2NmI2ODE2NmUzOWQzZjFlNGI5NzBiMmM

Sumber: jQuery UI Blog