Math dan Programming, Haruskah Programmer Jago Matematika?

Goo 4 Juli 2022

Math dan Programming, Haruskah Programmer Jago Matematika?

You can be a great programmer even if you were bad at math.

Apakah seorang programmer harus jago matematika? jawabannya adalah belum tentu.

Banyak orang berpikir bahwa programming membutuhkan kemampuan matematika yang baik, melihat dari jejak sejarah bahwa seorang matematikawan lah yang menjadi programmer pertama, juga beredar anggapan bahwa untuk bisa masuk ke jurusan yang berbau IT dituntut kemampuan atau pengetahuan matematika yang mumpuni. Nyatanya, hal tersebut tidak terlalu berperan di lapangan. Terutama dalam pengembangan web dimana matematika tidak begitu digunakan.

Banyak dari programmer yang jago matematika, tidak terlalu berpikir matematika memiliki peran mendalam dalam programming. Namun, kembali lagi.. Semua tergantung pada bidang apa yang dituju. Jika bidang yang ditekuni adalah kriptografi, blockchain, AI, machine learning, maupun data science maka tidak heran matematika akan sangat diperlukan. Tetapi perlu digaris bawahi, matematika yang dipelajari bukanlah matematika yang diajarkan di sekolah melainkan matematika yang sangat kompleks.

Secara umum, matematika diperlukan oleh programmer untuk memahami kompleksitas suatu algoritma. Pemahaman logika, terutama dalam pemecahan masalah adalah hal yang sebenarnya sangat berperan penting dalam pemrograman. Bahasa pemrograman memiliki pola serupa, yang membedakan hanyalah syntax, efisiensi, dan kecepatannya. Jadi jika kita dapat paham dengan pola yang ada (paham dalam artian tidak hanya copy paste saja, melainkan tahu penggunaannya untuk apa), itu akan sangat membantu dalam mempelajari berbagai bahasa pemrograman.

Lalu, apa yang sebenarnya dibutuhkan sebagai seorang programmer?

Seorang programmer membutuhkan keterampilan, terutama pemecahan masalah. Matematika yang diajarkan di sekolah melatih kita untuk memecahkan suatu masalah yang pada akhirnya membuat kita terbiasa untuk itu. Beberapa konsep matematika terkadang diperlukan misalnya kalkulus, algoritma dan aljabar, tetapi hanya dasar-dasarnya saja tidak sampai ke probabilitas, kerumitan angka, persamaan, grafik, eksponensial, limit, turunan, integral, dll.

Pada dasarnya, programming tidak terlalu dituntut untuk jago matematika. Hanya bidang-bidang tertentu yang memerlukan matematika spesifik didalamnya. Jadi jangan berkecil hati jika nilai matematika kalian pas-pasan, karena hal itu tidak membuat kalian tidak bisa meniti karir sebagai seorang programmer. Dasar-dasar matematika tetap dibutuhkan, namun yang utama menjadi seorang programmer adalah pemahaman logika, kemampuan dalam pemecahan masalah juga kemauan kuat untuk terus belajar.

Semoga bermanfaat.

Tags
Info