Mengenal Application Performance Management dan JenniferSoft

Bagus Aji Santoso 27 November 2017

Mengenal Application Performance Management dan JenniferSoft

Dewasa ini banyak bisnis bergantung pada aplikasi baik itu aplikasi web maupun aplikasi mobile. Untuk memastikan bahwa proses bisnis berjalan dengan lancar perusahan perlu memastikan pula bahwa aplikasi web atau mobilenya juga berjalan dengan lancar.

Mengenal APM

Application Performance Management (APM) adalah sebuah metode management system yang fokus untuk monitoring dan manajemen performa sebuah aplikasi. APM menjadi tool yang sangat penting untuk menunjang proses bisnis yang kita lakukan karena ia dapat mengetahui di mana letak kekurangan-kekurangan dari sebuah aplikasi.

Saat aplikasi bermasalah, tentu yang akan langsung mendapat efek negatifnya adalah pelanggan. Apabila masalah tersebut berlarut-larut, pelanggan dapat merasa terganggu dan bisa meninggalkan layanan kita. Kita tentu tidak ingin agar mereka pergi sehinga permasalahan yang muncul harus segera diatasi. Salah satu fitur APM yang paling berguna adalah ia dapat memberitahu dibagian apa bagian dari aplikasi kita yang bermasalah sehingga kita tak perlu berlama-lama mencari sumber masalahnya dan langsung fokus untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Pemanfaatan APM

Karena pentingnya peran sebuah APM, ia sudah tidak lagi sekedar menjadi utility untuk IT Operations tapi sudah berkembang menjadi utility yang bisa digunakan diberbagai departemen sebuah perusahaan bisnis.

IT Operations

Ketika anda mendengar istilah APM, anda mungkin akan berpikir team IT anda menggunakannya untuk memonitor critical issue pada aplikasi, memonitor server, network dan juga infrastructure lainnya. Tidak, tidak semua dapat dimonitor oleh APM.

APM hanya memonitor dilingkungan aplikasi, fokus dalam memonitoring aplikasi secara keseluruhan, memastikan setiap transaksi dalam aplikasi tidak ada kendala, dan juga banyak hal lainnya, sehingga menjadikan aplikasi yang digunakan menjadi lebih stabil.

Development Teams

APM juga bekerja pada level kode/script sehingga kita dapat mengetahui data metric, log message, error, real user monitoring, dll. Data-data ini sangat berguna bagi tim developer saat terjadi bug/permasalahan. Tidak hanya berguna untuk menyelesaikan sebuah bug/masalah tapi data yang dihasilkan juga berguna untuk mencari tahu bagian aplikasi mana yang dapat dioptimalkan kerjanya.

APM juga dapat dimanfaatkan oleh tim developer saat melakukan proses QA test untuk melakukan validasi performa kode yang mereka buat sebelum di deploy ke production.

Database Administrator

APM juga dapat berguna bagi database administrator. Tool ini dapat menganalisis berapa lama sebuah query di eksekusi, atau seberapa sering sebuah query eksekusi, dan data-data lainnya. Dengan data ini, administrator juga dapat mengidentifikasi pada bagian mana sebuah database dapat dioptimalkan lagi performanya.

Product Owners and Executive

Sebagai pemilik aplikasi, tentu saja kita ingin terus memantau perkembangannya. Kita ingin tahu apakah aplikasi sudah berjalan sesuai fungsinya, apakah sumber daya sistem masih mendukung, atau untuk mengetahui apakah performanya sudah baik atau belum. APM pada umumnya memiliki dashboard yang dapat menampilkan berbagai jenis data dan dapat dibaca dengan mudah oleh orang non IT.

Customer Service

Saat terjadi masalah dan pelanggan melakukan komplain, orang pertama yang menerima komplain tersebut adalah customer service. Saat mereka menerima komplain, yang pertama kali dilakukan adalah mencoba melakukan apa yang dilakukan oleh pelanggan (untuk memastikan permasalahannya). Namun, karena biasanya sistem yang digunaan pelanggan dan sistem yang digunakan oleh CS berbeda, terkadang permasalahan tersebut tidak terjadi dari sisi CS-nya. Jika tim CS memiliki akses ke dashboard APM, mereka dapat memastikan sendiri permasalahan apa yang sedang terjadi di aplikasi. Dengan begitu respon menjadi lebih cepat tanpa perlu menghubungi dan menuggu jawaban dari tim IT/developer.

Sales and Marketing

Informasi yang dikumpulkan oleh APM juga dapat dimanfaatkan oleh tim sales dan marketing untuk memasarkan produk kita dengan lebih baik. Mereka dapat mengetahui dibagian apa atau di kategori apa aplikasi paling sering digunakan.

JenniferSoft

JenniferSoft merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan APM. Walaupun secara officially, JenniferSoft belum memiliki kantor cabang di Indonesia. Namun JenniferSoft sudah memiliki delegasi di Indonesia.

Jennifer (nama aplikasi APM-nya) mendukung monitoring real-time diberbagai platform diantaranya Java, .NET, dan PHP. Produk yang sudah dipasarkan sejak tahun 2005 ini dipakai oleh 1300-an pelanggan enterprise yang diantaranya merupakan perusahaan IT kelas duania seperti Samsung, LG, CJ, Starbucks dan Korean Air.

Mengapa Menggunakan Jennifer

Integrated Performance Monitoring

Jennifer APM menyediakan monitoring performa web/aplikasi yang komprehensif secara terpadu melalui tampilan dashboard yang menarik dan mudah digunakan

Service Availability

Melalui dashboard yang disediakan kita bisa melakukan analisis data dari berbagai sumber daya sistem, kinerja aplikasi serta error yang terjadi di aplikasi. Tujuannya tidak lain untuk memberikan ketersediaan layanan yang terus menerus.

Easy Troubleshooting

Pembaca Codepolitan pasti pernah mencari sebuah error selama berjam-jam, malah mungkin berhari-hari. Jika menggunakan Jennifer APM kita akan dibantu dalam mencari sumber permasalahannya sehingga waktu untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dapat lebih efisien.

Customer Happiness

Meminimalisir sistem downtime, menyelesaikan permasalahan dengan efisien, dan mengoptimalkan bagian-bagian aplikasi merupakan salah satu keuntungan menggunakan APM tool Jennifer ini. Semua itu kita lakukan demi pelanggan mencapai kepuasannya saat menggunakan aplikasi kita sehingga bisnis yang kita lakukan dapat terus berjalan.

Trusted by Enterprises

Jennifer dipakai oleh lebih dari 1000 perusahaan diseluruh dunia sejak 2005. Bahkan nama-nama besar bisa kita temui sebagai salah satu pelanggannya. Hal ini menunjukkan bahwa Jennifer memang memiliki kelebihan-kelebihan yang sudah teruji.

Penutup

Dengan mengetahui pentingnya sebuah APM untuk mendukung kelancaran proses bisnis, pembaca kini dapat mulai mengaplikasikannya diaplikasi/produk yang sudah ada. Jennifer merupakan produk APM dari JenniferSoft yang sudah dipercaya oleh lebih dari 1000 perusahaan diseluruh dunia akan memberikan semua kelebihan-kelebihan APM Tools yang telah kita bahas.