Mengenal Computer Science Unplugged di DINAMIK 10

Ridwan Fajar 15 Februari 2015

Mengenal Computer Science Unplugged di DINAMIK 10

Pada tanggal 9 - 11 Februari 2015 lalu, di acara Dies Natalis Ilmu Komputer Universitas Pendidikan Indonesia, ada sebuah stand yang cukup unik. Ada sebuah stand yang menamakan diri mereka Computer Science Unplugged (CS Unplugged) DINAMIK 10. Stand ini diprakarsai oleh Giri Prahasta bersama teman seprodinya. Stand ini bertujuan untuk mengenalkan belajar ilmu komputer tanpa komputer ke khalayak ramai.

Berdasarkan post mortem yang ditulis oleh Giri di Blog miliknya, Computer Science Unplugged, atau CS Unplugged, adalah cara mengajarkan ilmu komputer tanpa komputer yang dikembangkan oleh Professor Tim Bell. CS Unplugged digunakan untuk menghilangkan batasan perlunya memprogram untuk mengeksplorasi “ide” dari ilmu komputer. Dengan menghilangkan batasan ini maka ide dapat dikenalkan dengan mudah, bahkan kepada anak-anak. Setiap materi yang diajarkan mengacu kepada buku yang terdapat di http://csunplugged.org

Pendidikan Ilmu Komputer UPI merupakan program studi yang erat kaitannya dengan mengajarkan ilmu komputer. Namun selama ini masih ditemui kesalahan pemahaman akan “ilmu komputer” oleh masyarakat, yakni sebagai ilmu yang mempelajari menggunakan komputer (literasi teknologi). Pembelajaran yang masih dilakukan di sekolah secara umum antara lain cara menggunakan MS Office, membuat video, aplikasi desain grafis, dan sebagainya. Hal ini menjadikan salah kaprah mengenai “ilmu komputer” dengan karir yang berkaitan. Padahal ilmu komputer adalah sebuah bidang ilmu sains (computer science) yang erat kaitannya dengan “science” daripada “computer” nya.

Kegiatan yang dilakukan adalah membuka sebuah stand yang mengajak pengunjung untuk bermain bersama fasilitator menggunakan media yang disiapkan. Karena dilaksanakan saat Dinamik (Dies Natalies Mahasiswa Ilmu Komputer) maka kegiatan ini dinamakan sebagai CS Unplugged On Dinamik (CSUOD). Target dari CS Unplugged on DINAMIK 10 ini adalah siswa SD / SMP / SMA, mahasiswa ilmu komputer UPI, guru dan dosen, serta umum. CS Unplugged ini diharapkan dapat mengubah dan meningkatkan pengajaran ilmu komputer dengan menekankan konsep dan pemahaman.

Beberapa materi yang dihadirkan pada kegiatan ini antara lain:

  • Binary Numbers menggunakan kartu
  • Error Detection
  • Information Theory
  • Routing and Deadlock
  • Sorting Network
  • Finite State Automata
  • Bubble Sort
  • Quick Sort

(rfs/igrir/dinamik)