Mengenal Makna dan Arti dari Kata Lorem Ipsum

Muchammad Rizky Yudistira
Jumat, 29 Juli 2022 pukul 10.51

Hi Coders, Bagaimana Kabarnya ? Semoga kalian baik - baik saja ya ! By The Way, tentu kalian tahu dengan kalimat Lorem Ipsum: dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Integer non magna vitae tellus.. Yap, Kalimat tersebut biasanya dibuat untuk men dummy suatu data yang nanti nya bisa di custom sesuai kebutuhan client. Namun, tahukah kalian arti dan makna kata tersebut ?

Sejarah Kata Lorem Ipsum Dolor SIt Amet

Jikalau dilihat dari sejarah nya, Kata Lorem Ipsum atau Lipsum sendiri pertama kali digunakan dalam dunia jurnalis Eropa sekitar tahun 1500 - an.

Richard McClintock, seorang profesor bahasa Latin dari Hampden-Sidney College di Virginia, Amerika Serikat akhirnya menemukan sejarah nya bahwa kalimat Lorem Ipsum sudah ada sejak tahun 2.000 tahun lalu atau sekitar abad ke - 4 sebelum masehi. Professor Richard sendiri, mengetahui bahwa pencetus pertama istilah itu yaitu filsuf dan sastrawan Romawi bernama Marcus Tullius Cicero.

Pengertian kata Lorem Ipsum Dolor Sit Amet.

Teks Lorem Ipsum :

"Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum."

Jika di translate ke bahasa indonesia kurang lebih seperti berikut :

"Demikian pula, tidak adakah orang yang mencintai atau mengejar atau ingin mengalami penderitaan, bukan semata-mata karena penderitaan itu sendiri, tetapi karena sesekali terjadi keadaan di mana susah-payah dan penderitaan dapat memberikan kepadanya kesenangan yang besar. Sebagai contoh sederhana, siapakah di antara kita yang pernah melakukan pekerjaan fisik yang berat, selain untuk memperoleh manfaat daripadanya? Tetapi siapakah yang berhak untuk mencari kesalahan pada diri orang yang memilih untuk menikmati kesenangan yang tidak menimbulkan akibat-akibat yang mengganggu, atau orang yang menghindari penderitaan yang tidak menghasilkan kesenangan?"

Jadi, tujuan dari kalimat Lorem Ipsum sendiri memiliki penyebaran huruf normal. Oleh karena itu, di zaman serba modern ini, penggunaan kalimat tersebut semakin populer. Contohnya pada penggunaan di Web dan Blog.

So, Gimana coders ? Jadi sekarang paham kan arti dan makna dari kata Lorem Ipsum ?! Semoga Bermanfaat !

Kelas Promo
...
By Originals
Jalan Lurus Menjadi Fullstack Developer
Kelas online belajar Fullstack web developer
from A to Z
760+ Materi Video Pembelajaran
Akses Materi Selamanya
Konsultasi Online Mingguan
Sertifikat Digital
6 Project Studi Kasus
Info Terkini