Mengenal Tools Development di Pemrograman PHP | Belajar PHP

wijay 22 Juli 2016

Mengenal Tools Development di Pemrograman PHP | Belajar PHP

Hai teman-teman coders berjumpa lagi di artikel belajar PHP dasar bagian kedua, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Tool-tools tambahan untuk mendukung koding kita, Tools-tools ini sangat di butuhkan karena Tools-tools ini tidak tersedia secara default dalam Sistem Operasi, maka dari itu bagi teman-teman yang ingin belajar PHP wajib menginstall Tools-tools ini, oke langsung saja kita akan bahas bersama-sama mulai dari yang paling vital.

Aplikasi Server Package

Untuk dapat bekerja menggunakan PHP dan beberapa komponen pendukungnya kita harus menginstall beberapa perangkat lunak antara lain Apache, PHP, mySQL. Namun dewasa ini kita sudah tidak perlu di repotkat lagi untuk mengistall itu semua satu per satu karena banyaknya munculnya Aplikasi Server Package di mana aplikasi ini sudah membundel Apache, PHP, mySQL dalam satu paket installasi bahkan dalam satu paket installasi ini juga sudah disertakan tools tambahan untuk mempermudah memanage database yaitu phpMyAdmin.

Ada beberapa pilihan Aplikasi Server Package antara lain :

XAMPP

xampp

Tools ini memiliki kepanjangan nama X (Croos) Apache MySQL PHP PhpMyAdmin, Tools ini di keluarkan oleh Bitnami, makna dari X (Cross) sendiri memiliki arti bahwa Tools ini tersedia di beberapa macam Operating System seperti Windows, Linux, OSX Tools ini memiliki GUI yang familiar dan juga paling banyak di gunakan dalam tutorial-tutorial yang berasal dari buku ataupun dari media internet, tools ini memiliki derectory root didalam folder "htdocs".

Baca juga: 5 Situs Terbaik Untuk Belajar PHP, Gratis!

LAMP

lamp

Linux Apache MySQL PHP adalah Tools selanjutnya yang dapat di install pada sistem operasi berbasis LINUX seperti Ubuntu, Mint, BlankOn, TeaLinux OS, dan sebagainya. Tidak seperti Tools sebelumnya Tools ini hanya memiliki Command Line Interface (CLI), Tools ini pun di install secara terpisah, Tools ini memiliki derectory root di dalam folder "www". Jika teman-teman menggunakan Linux dan lebih suka menggunakan GUI, kita bisa memilih alternative lain menggunakan Xampp.

MAMP

MAMP-image

Tools selanjutnya adalah MAMP yang memiliki kepanjangan MAC Apache MySQL PHP adalah Tools yang dapat anda install jika anda menggunakan Operating System MAC/OSX besutan Apple, Tools ini memiliki versi Free dan versi Pro (berbayar) belakangan MAMP versi terbaru juga dapat menjalankan bahasa pemerograman python.

Wamp

WampServer-logo

Wamp adalah aplikasi berikutnya, aplikasi yang hanya tersedia di sistem operasi Windows ini memiliki derectory root "www".

 

kita dapat memilih salah satunya sesuai dengan selera atau sesuai dengan sistem operasi yang sedang kita gunakan saat ini.

Text Editor & Browser

Selain Aplikasi Server Package, ketika kita sedang berhubungan dengan bahasa pemerograman tentunya kita membutuhkan IDE (Integrated Development Environment) sebagai lingkungan pengembang untuk mempermudah kita menulis kodingan kita, ada banyak text editor yang tersedia baik dari vendor OS yang kita gunakan seperti : Notepad, Wordpad, gedit, kEdit. Banyak juga text editor buatan pihak ketiga yang memang di khususkan untuk menulis code yang sangat membantu kita dalam belajar PHP seperti :

Notepad++ (Windows)

n++

Text editor ini mungkin bisa dikatakan text editor yang paling banyak di gunakan oleh orang awam, namun bukan berarti tidak di gunakan oleh kalangan profesional. Tools ini memiliki tampilan seperti notepad yang terdapat di Windows tentunya itu menjadi sustu kelebihan tersendiri dari tools yang satu ini karena memiliki tampilan yang lebih familiar dari pesaingnya, Tools ini dapat kita dapatkan gratis dan tools ini juga Open Source namun sayangnya tools ini hanya dapat di install pada Sistem Operasi Windows.

Atom

atom-logo

Atom adalah text editor Open Source yang tersedia di berbagai Sistem Operasi, text editor yang satu ini memiliki penampilan elegan dengan Flat UI, kita pun dapat menyesuaikan tampilan Atom sesuai dengan selera kita dengan cara mendownload dan memodifikasi tema yang banyak tersedia, selain itu atom juga memiliki banyak plugin pembantu yang dapat mempermudah pekerjaan kita, penulis sangat merekomendasi pembaca agar menggunakan Tools ini.

Dan masih banyak pilihan yang tak dapat penulis review satu per satu antara lain, Sublime Text, VisualStudio Code, Aksi IDE, Bracket, dsb. Brand di atas adalah brand yang paling sering penulis temui di kalangan programer, masih banyak lagi pilihan untuk text editor pada pembahasan ini kita bebas menggunakan text editor apapun, pilihlah sesuai dengan selera teman-teman.

Browser

browsers

Komponen yang satu ini adalah komponen yang paling terakhir kita gunakan, browser atau peluncur dunia maya berfungsi untuk melihat hasil kodingan kita, komponen yang satu ini penulis yakin sudah terpasang di laptop atau PC pembaca sekalian baik itu Mozilla Forefox, Google Chrome, Safari atau pun Internet Explorer. Semua jenis browser dapat kita gunakan untuk melihat hasil kodingan kita.