Menulis Kode Pertama di PHP | Belajar PHP

wijay 23 Juli 2016

Menulis Kode Pertama di PHP | Belajar PHP

Halo sobat coders setelah mengenal sejarah PHP serta tools-toolsnya pada step belajar PHP kali ini kita akan membahas tentang kelanjutan belajar PHP kita, tentunya banyak pertanyaan dalam benak kita ketika ingin memutuskan mempelajari suatu bahasa pemerograman, lalu mengapa kita belajar PHP? Tentunya tidak akan ada ruginya dalam mempelajari bahasa pemerograman baik bahasa pemerograman yang baru maupun yang sudah lawas.

Mengapa kita mempelajari PHP?

PHP masih merupakan bahasa pemerograman yang menjadi favorit di dunia programing dalam negeri, programer PHP masih banyak memiliki peluang kerja di dalam negeri, terlepas dari dunia pekerjaan seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya bahwa PHP merupakan bahasa yang Open Source maka dari itu tidak perlu di ragukan lagi jika di tanya berapa banyak programer dalam maupun luar negeri yang menggunakan bahasa pemerograman ini tentunya sangat banyak, dominasi ini dapat dilihat melalui banyaknya forum serta komunitas baik di dalam maupun luar negeri, terlebih bahasa yang satu ini merupakan bahasa yang dapat berjalan di beberapa Mayoritas OS seperti Linux, MAC OSX, Windows, UNIX, dan juga di dukung hampir semua server seperti Apache, IIS, Nginx, dll. serta juga memiliki banyak pilihan dalam menggunakan database seperti mySQL, Postgre SQL, Oracle, dll.

Baca juga: Inilah Alasan Mengapa Kamu Harus Belajar PHP

Mengenal Tag PHP

PHP adalah bahasa tag, dimana setiap file yang isinya menggunakan bahasa PHP pasti di awali dan di akhiri oleh tag PHP, ada dua jenis tag dalam bahasa pemerograman PHP yaitu tag pembuka <?php dan tag penutup ?> . penulisan tag ini sangat dibutuhkan karena interpreter PHP dalam bekerja akan mencari tag PHP, interpreter PHP akan memulai menerjemahkan kode awal PHP dari Tag pembuka PHP dan mengakhiri penerjemahanya pada tag penutup PHP. Ada beberapa macam penulisan tag yang di perbolehkan dalam PHP yaitu :

<?php .... ?>
<script language=”php”> .... </script>
<?php .... </script>
<script language=”php”> .... ?>

Kita di perkenankan untuk menggunakan tag pembuka dan tag penutup tak beraturan seperti 2 contoh terakhir di atas, namun anda tidak di perkenankan membuat tag sebagai berikut :

<? .... php?>
<script> .... </script language=”php”>

Jika kita menulis skrip diluar tag PHP akan beresiko tidak di terjemahkan oleh interpreter, dan tentu saja listing yang sudah kita tulis harus di save menggunakan akhiran ".php" karena ini merupakan ekstensi file milik PHP.

Membuat Program Hello World

Kali ini kita akan membuat program pertama kita yaitu program hello world, melalui listing di bawah ini kita akan memuculkan kata "hello world". Untuk menginstruksikan PHP dalam mengeluarkan kata, kita dapat menggunakan "echo" atau "print" atau langsung dapat menggunakan "<?=" dan jangan lupa di akhiri oleh ";" (titik koma) di setiap akhir instruksinya. berikut adalah contoh listing programnya :

<?php

echo "Hello World";

//contoh menggunakan echo

?>
<?php

print "Hello World";

//contoh menggunakan print

?>
<?= "Hello World";
//contoh menggunakan tag
?>