Method Route Baru di Laravel 5.5

Bagus Aji Santoso 2 November 2017

Method Route Baru di Laravel 5.5

Laravel 5.5 membawa beberapa shortcut baru untuk kelas Laravel Router yang mengeliminasi kebutuhan untuk membuat sebuah controller atau closure sekedar untuk me-return sebuah view sederhana atau melakukan redirect. Mari kita bahas sekilas bagaimana cara method ini menyederhanakan kode kita.

Method Route::view

Method Route::view mempermudah kita jika hanya ingin me-return sebuah view. Dibandingkan membuat sebuah controller atau closure baru, kita dapat menentukan URI dan path untuk mengambil view tersebut:

// resources/views/pages/about.blade.php
Route::view('/about', 'pages.about');

Kita juga dapat mengirimkan array berisi variabel ke view yang diinginkan:

Route::view('/about', 'pages.about', ['year' => date('Y')]);

Method Route::redirect

Method Route::redirect mempermudah kita jika hanya ingin melakukan respon redirect tanpa perlu membuat controller atau closure baru:

Route::redirect('/old-about', '/about');

Argumen default ketiga (di atas kita hanya memberikan dua) jika tidak diberikan akan mengambil nilai default 301 Redirect. Apabila ingin menggunakan status code yang berbeda, misalnya ingin menggunakan 307 Temporary Redirect, penulisannya akan menjadi seperti ini:

Route::redirect('/old-about', '/about', 307);

Penutup

Laravel 5.5 membawa segudang fitur baru yang sangat menarik untuk dicoba. Baca official release note untuk informasi fitur-fitur lainnya.

Sumber: laravel-news Gambar sampul: cloudway