Microsoft Hentikan Penjualan Windows 7 dan 8.1 Pada PC Baru Mereka

Hadyan Palupi 9 November 2016

Microsoft Hentikan Penjualan Windows 7 dan 8.1 Pada PC Baru Mereka

Sementara Microsoft sedang sangat agresif mendorong penjualan Windows 10 melalui kerjasama dengan berbagai OEM (Original Equipment Manufacturer), beberapa pelanggan masih tetap membeli PC baru yang masih didukung oleh versi Windows lawas. Jika kamu memiliki rencana yang mirip dalam waktu dekat, semoga bisa menjadi bahan pertimbangan kamu.

Microsoft telah secara resmi mengumumkan bahwa Windows 7 dan Windows 8.1 tidak akan ditemui di pasaran setelah 31 oktober 2016 yang lalu. Dengan kata lain, operasi sistem ini resmi mati sebagai mesin uang milik Microsoft.

Baca juga: Apa Itu Disk Defragmentation? Butuhkah Kita Men-Defrag Komputer?

Halaman support microsoft telah menyebutkan Windows 7 profesional, yang telah dijual retail akan berhenti pada 31 oktober 2016 tidak akan dijual preinstalled pada PC. Dan hal ini juga berlaku pada windows 8.1.

Perubahan ini akan di implementasikan oleh Microsoft’s royalty OEMs seperti Dell, HP, dan Lenovo. Mereka sekarang mulai menjual windows baru pada PC yang akan hanya berjalan menggunakan versi windows 10.

Jadi Bagaimana dengan nasib PC kamu yang sudah terinstall windows 7 dan 8.1?

Bertentangan dengan berhentinya penjualan windows 7 dan 8.1. Microsoft masih terus memberikan perbaikan keamanan melalui Windows Update. Windows 7 akan tetap memperoleh update sampai dengan 14 januari 2020 , sedangkan windows 8.1 akan tetap didukung hingga 10 januari 2023.

Langkah baru ini terinspirasi oleh fakta processor terbaru dari Intel dan AMD akan hanya support di windows 10.

Baca juga: Donkey.Bas, PC Game Pertama di Dunia Diprogram oleh Bill Gates

Tentu saja kamu masih memiliki pilihan untuk tetap menginstall Windows 7 di device terbarumu. Tetapi, siap-siap di masa depan untuk pindah ke Windows 10 karena mungkin saja Microsoft dan para OEM tidak berencana untuk memberikan support dalam waktu yang lama.

sumber : https://fossbytes.com/cant-buy-new-windows-7-8-1-pcs-month/