Mudahnya Baca Dokumentasi Tanpa Koneksi dengan Zeal

Bagus Aji Santoso 5 Maret 2016

Mudahnya Baca Dokumentasi Tanpa Koneksi dengan Zeal

Sejago apapun seorang programmer, pas Ia pernah mentok saat ngoding. Saat mentok, salah satu solusi yang dapat dilakukan oleh setiap programmer adalah membaca dokumentasi resmi dari tiap bahasa pemrograman, framework, maupun pustaka yang digunakan. Dokumentasi-dokumentasi tersebut biasanya tersedia secara online. Masalah muncul saat kita tidak memiliki akses internet. Bagaimana kita tetap lanjut ngoding saat tak punya koneksi untuk membaca dokumentasi?

Zeal, The Documentation Browser

Zeal merupakan aplikasi yang memungkinkan kita untuk membaca dokumentasi berbagai jenis bahasa pemrograman, framework, dan pustaka secara offline. Pengguna Mac OS X mungkin familiar dengan aplikasi Dash, Zeal merupakan alternatif Dash yang tersedia bagi pengguna Linux dan Windows.

[caption id="attachment_8162" align="aligncenter" width="700"]Tampilan Awal Zeal Tampilan awal Zeal[/caption]

Terdapat lebih dari 150 set dokumentasi yang dapat kita unduh dan baca secara offline dengan Zeal. Unity3D, Python, PHP, Joomla, Groovy, Bootstrap, Arduino, dan masih banyak lagi dokumentasi lain yang tersedia. Untuk daftar paket dokumentasi yang lebih lengkap, baca di sini.

[caption id="attachment_8163" align="aligncenter" width="700"]Tampilan Zeal setelah ditambahkan tiga paket dokumentasi Tampilan Zeal setelah ditambahkan tiga paket dokumentasi[/caption]

Untuk mempermudah penggunaannya, Zeal dapat kita integrasikan dengan berbagai teks editor dan IDE. Teks editor dan IDE yang saat ini mendukung Zeal adalah Atom, Brackets, Emacs, IntelliJ IDEA, KTextEditor (Kate, KWrite, KDevelop, Kile, dll), Sublime Text, dan VIM.

Zeal memiliki fitur pencarian yang cukup baik. Selain menampilkan hasil pencarian, Zeal juga menampilkan bagian see also yang menyarankan kita akan beberapa bagian yang mungkin berhubungan dengan yang kita cari. Jika ingin membuka halaman dokumentasi tertentu langsung di browser saat memiliki koneksi, tombol Open URL akan membawa kita ke halaman dokumentasi yang bersangkutan di situs resminya.

[caption id="attachment_8164" align="aligncenter" width="700"]Screenshot from 2016-03-03 20:15:20 Hasil pencarian dengan Zeal[/caption]

Unduh Zeal

Pembaca yang tak sabar ingin mencoba, silahkan mengunduh Zeal lewat tautan berikut. Setelah selesain menguduh dan memasangnya, klik File -> Options -> DocsetsDi jendela ini kita dapat mengunduh berbagai paket dokumentasi yang tersedia.

[caption id="attachment_8165" align="aligncenter" width="700"]Jendela untuk mengunduh paket dokumentasi Zeal Jendela untuk mengunduh paket dokumentasi Zeal[/caption]

Dirilis sebagai aplikasi open source, kita dapat menggunakan Zeal secara gratis bahkan dapat ikut membantu pengembangannya. Zeal dibuat menggunakan bahasa pemrograman C++ dan pustaka Qt5. Source code-nya tersedia lewat layanan Github.

Penutup

Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi pembaca. Pantengin terus Codepolitan untuk artikel-artikel menarik selanjutnya.