Node.js 19 : Apa yang baru ?

Goo 11 Januari 2023

Node.js 19 : Apa yang baru ?

Hi, Coders! tahukah kalian jika Node.js telah merilis versi terbaru?. Node.js pertama kali dirilis pada 27 Mei 2009. Banyak update dan pembaruan yang dilakukan tiap tahun-nya, seperti yang baru saja dirilis pada tanggal 18 Oktober 2022 lalu, Node.js mengumumkan versi terbaru mereka yaitu Node.js 19. Pada versi ini, ada banyak pembaruan baru mulai dari mesin Javascript V8 ke 10.7, HTTP(s)/1.1 Keep-Alive secara default dan beberapa pembaruan lainnya yang akan kita bahas pada artikel kali ini.

Langsung saja, mari kita bahas!

Baca juga : Mengenal Node.js

Apa itu Node.js 19?

Dikutip dari laman resminya , Node.js 19 merupakan versi terbaru dari Node.js yang menggantikan posisi Node.js 18 sebagai model perilisan ‘Current’ mereka. Node.js 18 sendiri telah masuk dalam LTS (Long-term support) pada 25 Oktober lalu. Node.js 19 akan menempati perilisan ‘Current’ selama 6 bulan ke depan, hingga April 2023. Anda dapat membaca informasi lebih lanjut melalui Github Node.js .

Saat artikel ini dirilis, Node.js yang tersedia pada versi LTS adalah : 18.12.1 (termasuk npm 8.19.2) dan pada versi Current : 19.1.0 (termasuk npm 8.19.3).

Apa perbedaaan versi LTS dan Current dari Node.js?

Perbedaan utama ada pada fungsionalitas dan keamanan. Node.js tumbuh dengan cepat dan terus berinovasi. LTS merupakan versi Node.js yang telah disempurnakan atau dapat di katakan stabil dan aman. Sementara itu, untuk versi Current masih dalam pengembangan fitur, menyempurnakan API yang ada dan sering melakukan pembaruan kode.

Karena alasan tersebut, disarankan untuk mendownload versi LTS dari Node.js.

Bagaimana cara untuk mengunduh versi terbaru Node.js?

Untuk mengunduh Node.js 19, Anda dapat mengunjungi https://nodejs.org/en/download/current/ . Silahkan mengunjungi https://nodejs.org/en/blog/release/v19.0.0 untuk melihat daftar lengkap komit pada perilisan terbaru Node.js ini.

Baca juga : Cara Install Node.js

Apa saja fitur terbaru dari Node.js 19 ?

a. node –-watch

Jika sebelumnya Anda sudah pernah menggunakan nodemon, maka fitur ini hampir sama, memungkinkan pengguna menjalankan mode *watch-path* yang akan memulai ulang proses ketika file yang diimpor diubah. Untuk menjalankan :

$ node --watch (filenya)

Contoh : $ node --watch index.js

b. HTTP(s)/1.1 KeepAlive secara default

Fitur ini memungkinkan setiap koneksi outgoing HTTP(s) akan secara otomatis menggunakan HTTP 1.1 Keep-Alive dengan durasi default 5 detik. Mengaktifkan Keep-Alive akan menghasilkan throughput yang lebih baik karena koneksi digunakan kembali secara default. Anda akan mengalami peningkatan yag lebih baik dalam throughput/kinerja untuk permintaan Node.js HTTP(s)/1.1 secara default.

c. WebCrypto Stabil

API WebCrypto dalam kondisi stabil (dengan pengecualian pada Algoritma berikut : Ed25519, Ed448, X25519, dan X448). Gunakan perintah di bawah ini untuk mengakses modul ini : globalThis.crypto atau require('node:crypto').webcrypto .

d. Custom Penyesuaian Resolusi ESM

Node.js tidak lagi mendukung --experimental-specifier-resolution flag.

e. Tidak ada Dukungan DTrace/SystemTap/ETW

Dukungan untuk DTrace/SystemTrap/ETW telah dihapus pada versi v19.0.0. Alasan utamanya adalah prioritas sumber daya. DTrace digunakan untuk mendapatkan gambaran menyeluruh dari sistem aktif, termasuk jumlah memori, waktu CPU, sistem file, dan penggunaan sumber daya jaringan yang sedang berjalan (kinerja kode basis Node.js).

Jika Anda tertarik mengembalikan DTrace, issue telah dibuka disini https://github.com/nodejs/node/issues/44550.

f. Pembaruan Javascript Engine V8 ke 10.7

Dengan mesin Javascript V8 memungkinkan pengembang untuk menulis kode Javascript yang dapat berfungsi di berbagai platform. Pembaruan ke 10.7 menawarkan pengembangan Node.js dengan kinerja yang lebih baik dan memperkenalkan pembaruan baru dari proposal Tahap 3 untuk ECMAScript : Intl.numberFormat API.

g. Dukungan Platform

Prasyarat standar yang tercantum pada BUILDING.md tidak berubah, tetapi sistem operasi apa pun yang telah mencapai EOL tidak akan lagi didukung.

catatan:

Pada April 2023 Node.js 14 tidak lagi mendapat dukungan. Segera update Node.js Anda untuk menggunakan versi terbaru nya.

Jadwal rilis Node.js dapat dilihat disini https://github.com/nodejs/release#release-schedule

Referensi: