Panduan Hacktoberfest 2022

Goo 9 Oktober 2022

Panduan Hacktoberfest 2022

Hi coders, tidak terasa kita telah sampai di penghujung tahun, dan pada bulan ini, Oktober tepatnya, ada gelaran event menarik yang tiap tahunnya diselenggarakan oleh DigitalOcean. Event tersebut adalah Hacktoberfest. Bagi Anda yang belum pernah berpartisipasi dan bingung dengan apa itu Hacktoberfest? maka di artikel kali ini, kita akan membahasnya secara mendetail.

Langsung saja, yuk kita bahas.

Apa itu Hacktoberfest

Hacktoberfest merupakan acara tahunan pada bulan Oktober yang diselenggarakan oleh DigitalOcean bersama dengan para sponsor selama sebulan penuh. Hacktoberfest bertujuan untuk mengajak siapapun berkontribusi pada projek open source yang sifatnya bebas atau tidak terikat pada ketentuan tertentu. Anda dapat membuat projek sendiri lalu membagikannya kepada orang lain agar mereka bisa berkontribusi atau dengan ikut serta dalam komunitas projek open source yang ada di github. Perlu diingat, Anda dapat berkontribusi dalam hal apapun tidak harus dalam bentuk kode.

Bagaimana cara untuk berpartisipasi?

  1. Daftarkan diri Anda atau registrasi terlebih dahulu pada situs resmi Hacktoberfest. - klik Registration Now Open.
  2. Setelah itu, Anda dapat memilih untuk menggunakan akun GitHub atau GitLab - klik initiate. r.png
  3. Login akun untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya - klik Authorize Hacktoberfest untuk mengizinkan Hacktoberfest mengakses akun Github Anda, untuk mencatat setiap pull request yang dibuat di GitHub.
  4. Setelah itu Anda akan diminta untuk mengisi data diri. Mulai dari email, lokasi, dan peran Anda dalam event.
  • Participant, hanya berpartisipasi saja.
  • Maintainer, pengelola yang memantau projek open source dan memberikan label "hacktoberfest-accepted" sebagai salah satu syarat pull/merge request terpenuhi.
  • Event Organizer, penyelenggara acara sebagai bentuk kontribusi pada Hacktoberfest.
  1. Baca persyaratan setelah seluruh data diri terisi.
  2. Klik start hacking untuk mulai berpartisipasi dalam Hacktoberfest.
  3. Anda dapat mulai mengirimkan pull/merge request pada open source projek yang ada di Github. Jika bingung, search Hacktoberfest pada kolom pencarian.

Maintainer

Maintainer adalah pengelola dari projek open source yang nantinya akan menjadi tempat bagi kontributor untuk berpartisipasi dengan mengirimkan PR/MR. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan oleh maintainer:

  1. Tambahkan topik "Hacktoberfest" ke repositori yang diikut sertakan dalam event hacktoberfest.
  2. Terapkan label "Hacktoberfest" pada issue yang Anda ingin kontributor untuk memberikan kontribusinya.
  3. Tambahkan file CONTRIBUTING.md dengan panduan kontribusi pada repositori Anda.
  4. Pilih issues yang memiliki cakupan jelas dan mandiri.
  5. Bersiap untuk meninjau permintaan PR/MR, merge, memberikan ulasan persetujuan secara keseluruhan, dan menambahkan label sesuai dengan kualitas PR/MR yang dikirimkan kontributor (INVALID, SPAM, atau HACKTOBERFEST-ACCEPTED).

Detail Pull Request

Pull Request adalah syarat wajib untuk mengikuti event Hacktoberfest. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan participant atau kontributor agar PR Anda tidak terhitung spam dan berkualitas :

  1. Anda dapat membaca CONTRIBUTING.md terlebih dahulu untuk mengetahui aturan kontribusi pada projek open source yang akan diikuti.
  2. Tuliskan pesan commit dengan benar. Hindari pesan singkat seperti “hacktoberfest” saja, karena dapat dianggap spam.
  3. Cari repository yang memiliki label “hacktoberfest”, karena tanpa label tersebut dianggap tidak ikut serta dalam event.
  4. Jangan membuat PR yang sama atau telah dibuat orang lain.
  5. Hindari penggunaan Bot untuk melakukan PR.

Anda akan mendapatkan email jika PR/MR Anda memenuhi (accepted), seperti gambar berikut ini:

rr.jpg

Peraturan Hacktoberfest

  1. PR (Pull Request) / MR (Merge Request) dibuat pada jangka waktu event diselenggarakan, yakni 1 - 31 Oktober 2022.
  2. PR/MR harus dibuat menjadi repositori publik yang tidak diarsipkan.
  3. Repo yang bertentangan dengan nilai Hacktoberfest akan didiskualifikasi dan PR/MR yang dibuat tidak akan dihitung. Jika menemukan pelanggaran, silahkan untuk melaporkan disini.
  4. Dilarang untuk spam.

Hadiah dan Keuntungan

Hadiah :

40.000 peserta pertama (maintainer dan kontributor) yang memenuhi syarat, memiliki kesempatan untuk memilih salah satu dari dua hadiah yang telah disiapkan : Pohon yang ditanam atas nama peserta, atau paket kaos hacktoberfest 2022.

Syarat:

  • Bagi kontributor, telah mengirimkan 4 PR/MR yang telah disetujui dengan label “Hacktoberfest-Accepted” dan tidak terdapat label “Invalid” atau “SPAM” pada PR yang diikut sertakan.
  • Bagi maintainer, merge PR/MR unik, berikan ulasan saat menyetujui PR/MR dan berikan label (ada reward khusus bagi maintainer yang terpilih).

Keuntungan :

Tentunya setelah mengikuti event ini, akan menambah pengalaman Anda dalam hal berkontribusi pada projek Open Source.

Demikian Panduan Hacktoberfest 2022, Semoga bermanfaat! Happy Hacking!