Peneliti dari Inggris Pencipta F#: Don Syme

Ridwan Fajar 29 September 2016

Peneliti dari Inggris Pencipta F#: Don Syme

F# merupakan salah satu bahasa functional programming yang dikembangkan oleh Microsoft Research. Bahasa pemrograman tersebut tak lepas dari peran seorang computer scientist berkebangsaan Australia yang tinggal di Inggris Raya. Dialah Don Syme, yang juga bekerja sebagai principal researcher di Microsoft Research.

Sebelum menjadi pencipta F#, Don membuat common language runtime untuk .NET termasuk desain awal dari bahasa pemrograman C# yang dibangun oleh Andrew Kenned dan Anders Hejlsberg. Don mendapatkan gelar Ph.D. dari University of Cambridge pad atahun 1995 - 1998, sebelumnya Don mengambil kuliah di The Australian National University pada tahun 1988 hingga 1992. Don juga merupakan anggota dari WG2.8.

Don juga membuat beberapa buku yang berjudul Expert F#, Expert F# 2.0, Expert F# 3.0, dan The F# Computation Expression Zoo. Selain membuat buku, Don juga membuat sebuah website interaktif untuk belajar F# yang bernama Try F#, dengan website tersebut, orang yang antusias dengan F# dapat mencoba langsung F# tanpa harus memasang compiler di mesinnya.

Baca juga: Mengenal Pemrograman Fungsional

Karir Don diawali dengan menjadi seorang pekerja di RuleBurst pada tahun 1990 hingga 1992 di Canberra, Australia. Don bekerja pada perusahaan tersebt saat perusahaan tersebut masih berstatus start up. Pada tahun 1996, Don bekerja sebagai peneliti magang untuk mengembangkan verification tools di SRI International. Lulus dari perusahaan tersebut, selama 6 bulan Don bekerja di Strategic CAB Labs, Intel yang berperang sebagai peneliti magang dalam bidang verification tools.

Penelitiannya diterapkan dalam perhitungan floating point di Pentium IV. Akhirnya Don bekerja selama 17 tahun lebih di Microsoft Research, yang berlokasi di Cambridge, Inggris. Don fokus pada pengembangan F# seperti F# async programming, F# type providers, dan F# units of measure. Walapun sebenernya dia juga merupakan salah satu desainer dari bahasa pemrograman .NET yaitu C#.

Don Syme memiliki 5726 pengikut di Twitter dan 149 pengikut di Github. Anda dapat mengikuti kabar terbaru Don Syme di:

(rfs/wikipedia/linkedin/skillmatter)