Pyxel, Game Engine Python Untuk membuat Game Jadul

Bagus Aji Santoso 13 Januari 2019

Pyxel, Game Engine Python Untuk membuat Game Jadul

Pyxel merupakan sebuah retro game engine untuk Python. Retro game engine artinya, Pyxel dikembangkan untuk membantu game programmer membuat game bergaya retro (dengan grafis "jadul" pada konsol NES, SNES, atau game komputer jaman 16-bit ke bawah) menggunakan bahasa pemrograman Python. Pengembangan game engine ini banyak dipengaruhi oleh program serupa bernama PICO-8 dan TIC-8 yang merupakan game engine berbayar.

Karena terinspirasi oleh konsol-konsol game lama, maka kita hanya memungkinkan untuk menampilkan grafis bergaya pixel art dan audio yang hanya bisa memperdengarkan empat jenis bunyi di waktu yang bersamaan. Pembatasan ini membuat game-game yang dibuat dengan Pyxel akan terasa seperti game-game lama.

Spesifikasi

  • Berjalan di Windows, Mac, dan Linux
  • Kode ditulis dengan Python 3
  • Grafis menggunakan 16 warna
  • 256x256 kali 3 bank gambar
  • 256x256 kali 8 tilemaps
  • 4 kanal dengan 64 suara yang tersedia
  • 8 jenis musik yang bisa dikombinasikan dengan suara lain
  • Masukan game bisa menggunakan keyboard, mouse maupun gamepad
  • Editor gambar dan suara

Color Pallete

Berikut ini 16 warna yang bisa dipakai oleh game Pyxel.

img

Contoh Source Code Pyxel

Berikut ini contoh kode game yang ditulis dengan Pyxel yang akan menampilkan sebuah persegi di layar.

import pyxel pyxel.init(160, 120) def update(): if pyxel.btnp(pyxel.KEY_Q): pyxel.quit() def draw(): pyxel.cls(0) pyxel.rect(10, 10, 20, 20, 11) pyxel.run(update, draw)

Pyxel Editor

Pyxel memiliki editor khusus untuk membuat gambar dan suara yang akan dipakai di dalam game.

Berikut ini tampilan editor gambar Pyxel:

img

Kita juga bisa mendesain tilemap secara langsung dari editor ini:

img

Efek suara bisa diciptakan menggunakan sebuah sound editor bawaan:

img

Dari suara yang dibuat dengan sound editor, kita bisa mengombinasikannya menjadi sebuah musik.

img

Penutup

Pyxel sendiri masih tergolong baru karena pertama kali dirilis tanggal 30 Juli 2018. Dokumentasi Bahasa Inggris-nya pun baru dirilis bulan November tahun lalu, karena Pyxel dikembangkan oleh orang Jepang.

Pyxel dirilis sebagai aplikasi open source di bawah lisensi MIT. Repositori GitHub-nya bisa dilihat di https://github.com/kitao/pyxel dan blog pengembangnya bisa dikunjungi di http://tkitao.hatenablog.com.