RoboVM Kini Tak Lagi Open Source

Bagus Aji Santoso 7 November 2015

RoboVM Kini Tak Lagi Open Source

Beberapa bulan yang lalu, Mas Yana Permana pernah menulis tentang RoboVM, compiler yang mampu membawa aplikasi Java ke ranah iOS. Pada awalnya, RoboVM merupakan proyek open source dengan lisensi GPL. Namun, pada tanggal 29 Oktober lalu melaui sebuah posting di group RoboVM,  Mario Zechner mengumumkan bahwa RoboVM tidak lagi menjadi proyek open source. RoboVM 1.8 menjadi versi terakhir yang mereka rilis source code-nya.

Sebagai salah satu teknologi unik yang sangat membantu developer Java untuk mempublikasikan aplikasinya ke iOS, tim pengembang RoboVM tidak mendapatkan bantuan yang berarti terhadap source code yang mereka rilis. Sebaliknya, source code yang mereka rilis justru digunakan oleh kompetitor untuk bersaing langsung dengan RoboVM lewat produk komersial.

Berhenti menjadi proyek open source tidak menghentikan langkah RoboVM untuk membantu developer Java merilis aplikasinya ke iOS. Setelah diakuisisi oleh Xamarin, RoboVM sepertinya akan semakin giat mengembangkan produknya agar dapat bersaing dengan kompetitor lainnya.

(bas/infoworld)