Seberapa Pentingkah Seorang Programmer harus mengerti Matematika ?

Muchammad Rizky Yudistira 9 Oktober 2022

Seberapa Pentingkah Seorang Programmer harus mengerti Matematika ?

**Hola Coders !! **

Programmer dan matematika sejatinya seperti sudah menyatu bak Amplop dan Perangko yang saling menempel. Mungkin, diantara kalian yang mendengar kata Matematika akan langsung merasa gelisah. Namun, taukah kalian seberapa pentingkah seorang programmer harus paham dan mengerti matematika. Disini, mimin akan membahas nya secara detail.

Sebagian kalangan beranggapan bahwa belajar ngoding itu layaknya belajar matematika. Memang, tidak bisa dipungkiri jika ingin belajar coding akan terbatu jika kita lihai dalam matematika. Namun, fakta itu tidak semuanya benar. Jika kalian sudah mulai menunjukkan bahwa kalian ingin berkecimpung dalam dunia programmer, fakta diatas bisa dibantahkan. Faktanya, kalian diharuskan lebih teliti dalam hal menangani error. Toh, seiring perkembangan zaman, banyak platform yang menampung solusi untuk meng handle error seperti Stackoverflow.com.

Kalau gitu, kita ga usah belajar matematika dong ? Tidak seperti itu, kalian tetap harus belajar matematika. Matematika yang harus kalian pelajari adalah matematika dasar dan gerbang logika. Mengapa ? Karena dalam pemrograman semua nya mengandalkan logika dasar yang sebenarnya kita sudah terapkan di kehidupan sehari - hari. Apalagi jika yang dipelajari adalah High Level Languange.

Contoh nya, jika kita sajikan dalam bentuk coding, mungkin akan seperti berikut : Analogi.png

Kesimpulan Secara keseluruhan, tidak perlu khawatir jika matematika kamu tidak terlalu cemerlang. Berhasil atau tidaknya seseorang menjadi Programmer tidak ditentukan oleh seberapa tinggi keterampilan matematikanya, akan tetapi niat, semangat dan kerja keras yang akan mengantarmu ke pintu kesuksesan. Ingat, seorang Programmer juga harus melatih kesabaran apabila komputer tidak menjalankan tugas sesuai perintah.

Gimana, sudah cukup jelas kan ? So, don't worry, tetap semangat dalam belajar. Happy learn & Coding, guys