Seminar dan Hackathon RIoT - Republic of IoT

Hadyan Palupi 7 Agustus 2017

Seminar dan Hackathon RIoT - Republic of IoT

Kemunculan IoT di ranah teknologi telah dilirik para investor. Kemunculan solusi smart home yang belakangan ini menjadi tren adalah salah satu tanda suksesnya IoT menembus pasar non-industri. Tentunya solusi IoT ini berpotensi sebagai solusi dari beragam permasalahan yang dihadapi Indonesia. Mengingat hal ini, kolaborasi internasional antara penggerak IoT Makestro dari Indonesia dan MyIoTC dari Malaysia, berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia mengadakan acara yang dinamakan Republic of IoT. Republic of IoT, atau nama pendeknya RIoT, akan diadakan di Bandung pada 23–27 Agustus 2017.

Diadakannya RIoT bertujuan untuk membuka akses teknologi di bidang Internet of Things untuk semua orang, menjadi wadah untuk menggerakkan ekosistem IoT di Indonesia melalui sebuah gerakan komunitas, serta meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat umum terhadap adanya teknologi Internet of Things yang solutif.

Adapun beberapa masalah bangsa yang akan dipecahkan oleh para penggiat IoT di acara RIoT ini, dibagi menjadi 14 kategori, yaitu pertanian, pertahanan dan keamanan, transportasi, alam, kesehatan, pendidikan, smart city, smart living, olahraga, maritim, engagement, aksesibilitas, fintech dan e-commerce, serta industrial IoT.

Untuk menyambut acara utama RIoT, Makestro mengadakan Road to RIoT, serangkaian tur di lima kota besar di Indonesia untuk bersosialisasi dan berbagi pengetahuan dengan komunitas maker lokal di Jakarta, Bogor, Semarang, Surabaya and Medan.

Sebagai acara yang terbuka untuk umum, RIoT dibagi menjadi dua sub-acara, yaitu RIoT Seminar, yang diadakan pada 23–25 Agustus 2017, dan RIoT Hackathon, yang diadakan pada 26–27 Agustus 2017. RIoT Hackathon dibuka bagi para penggiat IoT yang ingin mewujudkan proyek-proyek IoT yang dapat menjadi solusi dari keempatbelas kategori yang ditawarkan. Khalayak umum atau investor yang tertarik mendalami bidang IoT atau sekadar ingin tahu seputar kondisi industri IoT saat ini dapat mengikuti RIoT Seminar.

Pendaftaran untuk baik RIoT Seminar dan RIoT Hackathon dapat dilakukan secara online melalui formulir yang tersedia di situs resmi RIoT di www.r-iot.id.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai RIoT, sila kontak bagian humas Republic of IoT di alamat surel riot@makestro.com