Situs Jejaring Sosial Mirip Facebook Muncul dari Korea Utara

Bagus Aji Santoso 10 Juni 2016

Situs Jejaring Sosial Mirip Facebook Muncul dari Korea Utara

Mengingat popularitasnya, bukan hal yang baru jika muncul jejaring sosial yang mirip Facebook. Namun, lain ceritanya jika situs jejaring sosial tersebut muncul dari salah satu negara paling tertutup dan paling ketat aturan dalam menggunakan internet seperti Korea Utara. Baru-baru ini ditemukan sebuah website dengan domain starcon.net.kp yang tampilannya mirip dengan Facebook oleh Doug Madory, seorang peneliti dari perusahaan manajemen jaringan Dyn.

Tidak diketahui secara pasti siapa yang memiliki situs yang di hosting langsung dari negerinya Kim Jong Un ini, namun jika melihat dari nama domainnya situs ini dipercaya berasal dari perusahaan telekomunikasi StarCon. Menurut Mashable, penggunaan domain .kp (top level domain untuk Korea Utara) sangat jarang ditemukan. Selain itu situs-situs Korea Utara lebih sering di hosting di China, bukan di negerinya sendiri.

[caption id="attachment_10220" align="alignnone" width="700"]phpDolphin phpDolphin[/caption]

Situs starcon.net.kp dibuat menggunakan phpDolphin, aplikasi web komersil untuk membuat situs jejaring sosial. Aplikasi yang dijual seharga $43 ini sudah memiliki fitur-fitur lengkap untuk sebuah aplikasi jejaring sosial. Starcon.net.kp sepertinya belum selesai diedit karena masih menggunakan gambar dan tulisan-tulisan bawaan phpDolphin. Bahkan, orang yang menemukan situs ini dapat dengan mudah menjadi administrator dengan akun admin dan kata kunci password.

Saat ini situs starcon.net.kp tidak dapat diakses. Kita doakan saja semoga admin situs ini tidak mendapatkan masalah.

(bas/bbc/foxnews/mashable)