Swift sekarang Open Source!

wijay 6 Desember 2015

Swift sekarang Open Source!

Mungkin sebagian dari kita ada yang masih asing dengan bahasa yang satu ini, bahasa ini biasa di gunakan untuk membuat aplikasi di perangkat buatan Apple yang berjalan di iOS dan OS X, meng-Open Source kan Swift adalah salah satu langkah yang terbilang sangat tepat untuk apple jika perusahaan ini ingin mengalahkan raksasa internet Google yang berjaya dengan Sistem Operasi untuk Smartphone-nya yang sekaligus menjadi rival terbesar iOS dalam pasar persaingan ponsel pintar yaitu Android.

Pada awalnya bahasa yang biasa di gunakan untuk membuat aplikasi yang berjalan di OS X dan iOS adalah Objective-C kemudian Apple memperkenalkan bahasa baru Swift yang di tujukan untuk menggantikan Objective-C dalam acara rutin tahunan WWDC 2014, seperti pendahulunya Swift awalnya hanya bisa digunakan di perangkat buatan Apple yang dapat di coding menggunakan X-Code IDE, namun pada WWDC 2015 Apple dengan bangga mengumumkan bahwa Swift akan dirilis dalam versi open source. Bahasa pemrograman Apple tersebut direncanakan akan hadir di tiga platform yaitu OSX, iOS, dan Linux. Tahun ini Apple merilis Swift versi 2 dengan perbaikan yang dinamakan whole module optimization. Swift 2 akan mendistribusikan compiler dan standard library-nya untuk versi open source. Dan versi ini akan hadir di akhir 2015, dan sekarang adalah saatnya dimana Apple merilis apa yang telah di janjikanya pada acara WWDC beberapa bulan yang lalu, saat ini Apple telah membuat sebuah portal khusus untuk mendapatkan informasi tentang Swift bagi pengembang yang ingin membuat aplikasi dari perangkat non-Apple dapat di kunjungi di http://swift.org, bagi anda yang ingin ikut berkontribusi dalam pengembangan bahasa ini anda dapat mendownload Sourcenya di https://github.com/apple/swift untuk saat ini Apple baru merilis Source dan belum merilis Tools Resmi untuk pengembangnya seperti X-Code yang ada di OS X.

Berbagai fitur Swift 2

Pada 5 hari yang lalu Apple juga merilis Development Snapshots untuk distro LINUX Ubuntu versi 15.10 dan 14.04 LTS, Snapshot ini dapat di download di https://swift.org/download/#latest-development-snapshots.

Ini adalah berita segar bagi anda yang ingin belajar membuat aplikasi yang berjalan di perangkat Apple tanpa menggunakan perangkat besutan Apple yang terkenal memiliki harga mahal.