Themis, Library Kriptografi yang Cross Platform

Yana Permana 22 Mei 2015

Themis, Library Kriptografi yang Cross Platform

Themis adalah layanan library kriptografi. Themis menyediakan berbagai kemudahan dalam penggunaannya. Themis juga berisi sekumpulan fungsi untuk memecahkan masalah keamanan dunia nyata.

Pengembang Themis ingin fokus pada membangun perangkat lunak dengan keamanan kriptografi. Dengan begitu kita tak perlu membangun, mengimplementasikan, dan menyediakannya di berbagai platform dengan kinerja sendiri.

Themis dirancang untuk memberikan kriptografi yang rumit dalam infrastruktur yang mudah digunakan dan sesuai dengan perkembangan saat ini. Themis termasuk kakas yang open source dengan lisensi Apache2.

Themis dapat diatur menjadi satu set instrumen, tiga set utama yang hadir di kali ini adalah:

  • Secure Messaging merupakan set untuk mengenkripsi pesan untuk lingkup aplikasi yang luas.
  • Secure Session merupakan set untuk session yang berorientasi pada messaging dengan tambahan keamanan yang lebih baik (dan beberapa aturan yang lebih ketat di dalam penerapannya).
  • Secure Cell merupakan set yang menyediakan enkripsi multi-mode sehingga dapat menyimpan file apapun ke dalam database dengan keadaan terenkripsi.
Themis mendukung berbagai bahasa pemrograman tingkat tinggi diantaranya:
  • Python, sepenuhnya sudah didokumentasikan. Berbagai contoh untuk framework Python juga tersedia seperti twisted dan tornado.
  • Ruby, sepenuhnya sudah didokumentasikan. Berbagai contoh juga tersedia untuk model pengembangan Ruby berdasarkan event-async, Ruby on Rails dan Eventmachine. Namun sedang diuji sekarang dan belum cukup stabil untuk dijalankan semuanya.
  • PHP, sudah dikembangkan dan diuji lebih baik sehingga PHP dapat berdiri sendiri dengan dipanggil melalui CLI. Dan dalam request Apache juga disediakan contoh yang lebih umum.
  • Objective-C, sedang dalam pengembangan dan diuji dalam kasus real-world. Proyek demo dan posting blog segera hadir.
  • Java/Android, Beberapa sedang diuji dan hasil sementara bisa dilihat pada posting ini.
Sedangkan untuk kompatibilitas, Themis mendukung berbagai arsitektur x86/x64, armv dan arsitektur android lainnya. Selain itu sistem operasi yang didukung antara lain: Debian 7.8, CentOS 6.6, CentOS Linux, Ubuntu 14.04 LTS, Windows 7, MacOS X 10.10.

Themis juga tersedia sebagai library bahasa pemrograman C. Pengembang Themis berencana untuk memperluas ruang lingkup ketersediaan set yang lebih luas. Jika pembaca ingin berkontribusi dalam Themis menjadi library kriptografi lebih baik, pengembang juga membuka pintu kontribusi.

(yp/themis)